Pembentukan Regulasi Diri dan Dinamika Belajar Peserta Olimpiade Neuron Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga Surabaya

  • Neria Fajar Wijayanti Universitas Airlangga Surabaya Jawa Timur, Indonesia
  • Suryanto Suryanto Universitas Airlangga Surabaya Jawa Timur, Indonesia

Abstract

Regulasi diri (Self Regulation) merupakan kemampuan untuk mengontrol perilaku sendiri dan salah satu dari sekian penggerak utama kepribadian manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami esensi (hakikat) pengalaman peserta Olimpiade Neuron dalam membentuk regulasi diri dalam menghadapi kompetisi tersebut dan mengamati dinamika belajar yang terjadi sebelum dan sesudah Olimpiade Neuron. Metode penelitian yang digunakan dalam ini adalah pendekatan fenomenologi interpretatif kualitatif dengan alat pengumpul data berupa wawancara mendalam. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Mojokerto, subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi pemenang Olimpiade Neuron Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga Surabaya yang memiliki pengalaman dalam membentuk Self Regulation demi tercapainya target-target yang sudah ditetapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa para pemenang peserta Olimpiade Neuron memiliki self regulasi diri yang tinggi dibuktikan dengan memiliki tujuan atau target serta dapat menjaga motivasi belajar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 19, 2021
How to Cite
WIJAYANTI, Neria Fajar; SURYANTO, Suryanto. Pembentukan Regulasi Diri dan Dinamika Belajar Peserta Olimpiade Neuron Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga Surabaya. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 6, n. 8, p. 3986-3999, aug. 2021. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/3772>. Date accessed: 27 sep. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i8.3772.