PERAN PENINGKATAN PENGGUNAAN KALIMAT EFEKTIF DI MEDIA SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN MAHASISWA DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKART

  • Mira Erlinawati
  • Wahyu Utami

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yakni mengetahui peran mahasiswa dalam meningkatkan penggunaan kalimat efektif yang didasarkan pada kemampuan yang dimiliki mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Penelitian kualitatif ini merupakan penelitian studi kasus. Universitas Muhammadiyah Surakarta alasan peneliti mengambil lokasi penelitian tersebut untuk mendapatkan hasil peran mahasiswa di media sosial yang berkaitan dengan kalimat efektif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan kuesiner. Data yang diperoleh secara langsung dari lapangan melalui wawancara dan kuesioner terhadap Mahasiswa UMS Mahasiswa yang diwawancarai adalah mahasiswa yang melakukan aktifitas di media sosial dan berdasarkan pertanyaan. Data sekunder berupa berbagai sumber buku lainnya yang berkaitan dengan media sosial dan kalimat efektif dan juga media online baik berupa jurnal, artikel, lainnya. Analisis data dam penelitian ini menggunakan model interaktif yang meliputi (reduksi data, penyajian data dan simpulan). Hasil penelitian meliputi: (a) mahasiswa mengetahui tentang kalimat efektif yang dituturkan oleh pendidik, (b) kesadarn pada setiap mahasiswa menggunakan bahasa yang tidak efektif, (c) penggunaan bahasa tidak efektif lebih mudah diterima dibandingkan menggunakan bahasa yang resmi, (d) media sosial yang sering digunakan yakni facebook dan whatshap, (e) mahasiswa sebenarnya sudah dapat membedakan, tetapi karena terbiasa menggunakan bahasa yang tidak efektif maka sulit untuk merubagnya, (f) selalu menggunakan kalimat efektif pada saat perkuliahan ataupun bertanya kepada dosen baik secara langsnung atau media sosial. Kata Kunci : Kalimat efektif, Media Sosial (Facebook dan Whatshap).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-06-02