Apakah Budaya Organisasi Pembelajaran dapat Memoderasi Hubungan Tidak Langsung Antara Core-self Evaluation dan Kreativitas Karyawan Melalui Motivasi Intrinsik

  • Affan Maulana Ghiffari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (UI) Depok, Jawa Barat, Indonesia
  • Debora Eflina Purba Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (UI) Depok, Jawa Barat, Indonesia

Abstract

Dalam lingkungan pekerjaan yang sangat dinamis dan penuh ketidakpastian, organisasi atau perusahaan membutuhkan sumber daya yang dapat diandalkan untuk dapat bertahan, bersaing dan berkembang. Salah satu bentuk sumber daya yang dapat digunakan adalah kreativitas karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan tidak langsung antara core self-evaluation (CSE) dengan kreativitas karyawan melalui peran mediasi motivasi intrinsik, serta melihat peran budaya organisasi pembelajaran dalam memoderasi hubungan antara motivasi intrinsik dengan kreativitas karyawan. Penelitian ini juga melihat hubungan tidak langsung antara CSE dengan kreativitas melalui motivasi intrinsik, yang dimoderasi oleh budaya organisasi pembelajaran pada hubungan antara motivasi intrinsik dengan kreativitas karyawan. Penelitian dilakukan terhadap 144 karyawan BUMD. Uji hipotesis menggunakan Hayes’ PROCESS Macro model 14 menunjukkan bahwa motivasi intrinsik memediasi hubungan antara CSE dengan kreativitas karyawan. Namun demikian, budaya organisasi pembelajaran tidak memoderasi hubungan antara motivasi intrinsik dengan kreativitas karyawan. Hasil juga menunjukkan bahwa hubungan tidak langsung antara CSE dengan kreativitas karyawan yang dimediasi oleh motivasi intrinsik, tidak dimoderasi oleh budaya organisasi pembelajaran pada hubungan antara motivasi intrinsik dan kreativitas karyawan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 24, 2021
How to Cite
GHIFFARI, Affan Maulana; PURBA, Debora Eflina. Apakah Budaya Organisasi Pembelajaran dapat Memoderasi Hubungan Tidak Langsung Antara Core-self Evaluation dan Kreativitas Karyawan Melalui Motivasi Intrinsik. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 157-177, nov. 2021. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/3800>. Date accessed: 04 dec. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i1.3800.