Analisis Struktural Genetik pada Novel Orang-Orang Biasa Karya Andrea Hirata

  • Maharani Katarina Shinta Magister Kajian Sastra dan Budaya, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Airlangga, Surabaya, Indonesia

Abstract

Fakta sosial juga dapat ditemukan di dalam karya sastra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara struktur novel Orang-orang Biasa karya Andrea Hirata, tidak hanya dari unsur intrinsik dan ekstrinsik, namun juga fakta dan kelas sosial yang diangkat dalam novel. Selain itu, penelitian ini juga memberikan fokus pada subjek kolektif dan pandangan dunia pengarang di dalam karya tersebut. Penelitian ini menggunakan metode desktriptif kualitatif dengan teori strukturalisme genetik Lucien Goldmann sebagai pisau analisis. Analisis struktural genetik adalah penelitian yang memfokuskan secara struktur pada asal-usul suatu karya sastra. Hasil penelitian ini adalah fakta yang mengangkat penindasan dari yang kuat terhadap yang lemah. Subjek kolektif yang mendominasi karya sastra ini adalah masyarakat kelas bawah yang penuh pergolakan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Selain itu, penelitian ini menemukan pandangan dunia pengarang, yakni Andrea Hirata yang menentang kapitalisasi pendidikan. Pendidikan tinggi tidak seharusnya hanya dinikmati oleh kelompok tertentu, dan negara wajib hadir serta memenuhi hak belajar siapapun dan dari kelas sosial manapun. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 18, 2021
How to Cite
SHINTA, Maharani Katarina. Analisis Struktural Genetik pada Novel Orang-Orang Biasa Karya Andrea Hirata. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 6, n. 8, p. 3915-3924, aug. 2021. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/3808>. Date accessed: 27 sep. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i8.3808.