Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III SDN Tambaharjo 02
Abstract
Salah satu keberhasilan pendidikan dapat dilihat dari keberhasilan pembelajaran yang dilaksanakan. Selama kegiatan pembelajaran dilakukan dengan baik, maka hasil belajar siswa juga harus baik. Oleh karena itu, pendidikan bukan hanya tentang guru dan sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas III SDN Tambaharjo 02. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tambaharjo 02 dengan jumlah sampel sebanyak 18 siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode kausal komparatif (ex-post facto). Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik kuesioner, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan yakni dengan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dengan prestasi belajar siswa kelas III SDN Tambaharjo 02, hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai signifikan (0,021 < 0,05) dan perolehan nilai Thitung yang lebih besar dari Ttabel (2,575 > 2,120). (2) Perolehan nilai R Square menunjukkan bahwa fasilitas belajar memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 0,324 atau 32,4%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dibahas, maka dapat disimpulkan bahwa fasilitas belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas III SDN Tambaharjo 02. Orang tua harus memberikan kelengkapan fasilitas belajar yang cukup, agar siswa mampu mencapai prestasi belajar yang maksimal.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Google Scholar
Bafadal, Ibrahim. (2004). Manajemen perlengkapan sekolah teori dan aplikasinya. Google Scholar
Damanik, Bahrudi Efendi. (2019). Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Publikasi Pendidikan, 9(1), 46–52. Google Scholar
Darmawan, Deni, & Setiawati, Linda. (2015). Developing Integrated Management Information System in Research: A Study at the Institute for Research and Community Services of Universitas Pendidikan Indonesia. International Journal of Applied Engineering Research, 10(16), 37206–37210. Google Scholar
Djamarah, Syaiful Bahri, & Zain, Aswan. (2006). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 46. Google Scholar
Isnawati, Zuli, & Risminawati, M. Pd. (2016). Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas Atas SD Negeri 3 Ngraji Tahun Ajaran 2015/2016. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Google Scholar
Khairunisa, Ratna. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di SDN 001 Samarinda Utara. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 146–151. Google Scholar
Nisa, Afiatin. (2017). Pengaruh perhatian orang tua dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Jurnal Faktor UNINDRA, 2(1), 1–9. Google Scholar
Prianto, Agus, & Putri, Tuni Heni. (2017). Pengaruh Ketersediaan Fasilitas Belajar, Dukungan Orang Tua Yang Dirasakan Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa SMA PGRI Ngimbang Lamongan. JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis Dan Manajemen), 1(2). Google Scholar
Rohmah, Sri Ainur, Fakhriyah, Fina, & Ardianti, Sekar Dwi. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Melalui Model Contextual Teaching And Learning Berbantuan Media Kotak Lingkungan Hewan Pada Tema 6 Kelas IV SD 1 Bakalan Krapyak. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(2). Google Scholar
Setyosari, H. Punaji. (2016). Metode penelitian pendidikan & pengembangan. Prenada Media. Google Scholar
Silaen, Sofar, & Heriyanto, Yayak. (2013). Pengantar Statistika Sosial. Jakarta: In Media. Google Scholar
Slameto, Belajar, & yang Mempengaruhinya, Faktor Faktor. (2010). Jakarta: PT. Rineka Cipta. Google Scholar
Sugiyono. (2017). Sugiyono, Metode Penelitian. Penelitian. Google Scholar
Wahyuningrum, Kartika. (2015). Pengaruh Fasilitas Belajar di Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Dabin IV Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo. Universitas Negeri Semarang. Google Scholar
Copyright (c) 2021 Arum Dwi Rahmawati, Fina Fakhriyah, Diana Ermawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.