Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III SDN Tambaharjo 02

  • Arum Dwi Rahmawati Universitas Muria Kudus Jawa Tengah, Indonesia
  • Fina Fakhriyah Universitas Muria Kudus Jawa Tengah, Indonesia
  • Diana Ermawati Universitas Muria Kudus Jawa Tengah, Indonesia

Abstract

Salah satu keberhasilan pendidikan dapat dilihat dari keberhasilan pembelajaran yang dilaksanakan. Selama kegiatan pembelajaran dilakukan dengan baik, maka hasil belajar siswa juga harus baik. Oleh karena itu, pendidikan bukan hanya tentang guru dan sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas III SDN Tambaharjo 02.  Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tambaharjo 02 dengan jumlah sampel sebanyak 18 siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode kausal komparatif (ex-post facto). Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik kuesioner, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan yakni dengan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dengan prestasi belajar siswa kelas III SDN Tambaharjo 02, hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai signifikan (0,021 < 0,05) dan perolehan nilai Thitung yang lebih besar dari Ttabel (2,575 > 2,120). (2) Perolehan nilai R Square menunjukkan bahwa fasilitas belajar memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 0,324 atau 32,4%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dibahas, maka dapat disimpulkan bahwa fasilitas belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas III SDN Tambaharjo 02. Orang tua harus memberikan kelengkapan fasilitas belajar yang cukup, agar siswa mampu mencapai prestasi belajar yang maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 19, 2021
How to Cite
RAHMAWATI, Arum Dwi; FAKHRIYAH, Fina; ERMAWATI, Diana. Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III SDN Tambaharjo 02. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 6, n. 8, p. 3738-3746, aug. 2021. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/3872>. Date accessed: 27 sep. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i8.3872.