Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III SDN Tambaharjo 02

  • Arum Dwi Rahmawati Universitas Muria Kudus Jawa Tengah, Indonesia
  • Fina Fakhriyah Universitas Muria Kudus Jawa Tengah, Indonesia
  • Diana Ermawati Universitas Muria Kudus Jawa Tengah, Indonesia
Keywords: prestasi belajar, fasilitas belajar, perhatian orang tua

Abstract

Salah satu keberhasilan pendidikan dapat dilihat dari keberhasilan pembelajaran yang dilaksanakan. Selama kegiatan pembelajaran dilakukan dengan baik, maka hasil belajar siswa juga harus baik. Oleh karena itu, pendidikan bukan hanya tentang guru dan sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas III SDN Tambaharjo 02.  Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tambaharjo 02 dengan jumlah sampel sebanyak 18 siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode kausal komparatif (ex-post facto). Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik kuesioner, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan yakni dengan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dengan prestasi belajar siswa kelas III SDN Tambaharjo 02, hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai signifikan (0,021 < 0,05) dan perolehan nilai Thitung yang lebih besar dari Ttabel (2,575 > 2,120). (2) Perolehan nilai R Square menunjukkan bahwa fasilitas belajar memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 0,324 atau 32,4%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dibahas, maka dapat disimpulkan bahwa fasilitas belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas III SDN Tambaharjo 02. Orang tua harus memberikan kelengkapan fasilitas belajar yang cukup, agar siswa mampu mencapai prestasi belajar yang maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardianti, Sekar Dwi, Ulya, Himmatul, & Ismaya, Erik Aditia. (2018). Pakem dalam Kurikulum 2013. Kudus: Badan Penerbit Universitas Muria Kudus. Google Scholar

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Google Scholar

Bafadal, Ibrahim. (2004). Manajemen perlengkapan sekolah teori dan aplikasinya. Google Scholar

Damanik, Bahrudi Efendi. (2019). Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Publikasi Pendidikan, 9(1), 46–52. Google Scholar

Darmawan, Deni, & Setiawati, Linda. (2015). Developing Integrated Management Information System in Research: A Study at the Institute for Research and Community Services of Universitas Pendidikan Indonesia. International Journal of Applied Engineering Research, 10(16), 37206–37210. Google Scholar

Djamarah, Syaiful Bahri, & Zain, Aswan. (2006). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 46. Google Scholar

Isnawati, Zuli, & Risminawati, M. Pd. (2016). Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas Atas SD Negeri 3 Ngraji Tahun Ajaran 2015/2016. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Google Scholar

Khairunisa, Ratna. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di SDN 001 Samarinda Utara. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 146–151. Google Scholar

Nisa, Afiatin. (2017). Pengaruh perhatian orang tua dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Jurnal Faktor UNINDRA, 2(1), 1–9. Google Scholar

Prianto, Agus, & Putri, Tuni Heni. (2017). Pengaruh Ketersediaan Fasilitas Belajar, Dukungan Orang Tua Yang Dirasakan Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa SMA PGRI Ngimbang Lamongan. JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis Dan Manajemen), 1(2). Google Scholar

Rohmah, Sri Ainur, Fakhriyah, Fina, & Ardianti, Sekar Dwi. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Melalui Model Contextual Teaching And Learning Berbantuan Media Kotak Lingkungan Hewan Pada Tema 6 Kelas IV SD 1 Bakalan Krapyak. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(2). Google Scholar

Setyosari, H. Punaji. (2016). Metode penelitian pendidikan & pengembangan. Prenada Media. Google Scholar

Silaen, Sofar, & Heriyanto, Yayak. (2013). Pengantar Statistika Sosial. Jakarta: In Media. Google Scholar

Slameto, Belajar, & yang Mempengaruhinya, Faktor Faktor. (2010). Jakarta: PT. Rineka Cipta. Google Scholar

Sugiyono. (2017). Sugiyono, Metode Penelitian. Penelitian. Google Scholar

Wahyuningrum, Kartika. (2015). Pengaruh Fasilitas Belajar di Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Dabin IV Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo. Universitas Negeri Semarang. Google Scholar
Published
2021-08-19