Rencana Strategis Klinik Amira Cikarang Berdasarkan Analisa Swot

  • Heni Suprapti Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) Jawa Barat, Indonesia
  • Dede Jajang Suyaman Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) Jawa Barat, Indonesia
  • Hartelina Hartelina Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) Jawa Barat, Indonesia
Keywords: Manajemen Stratejik, Analisa SWOT, IFAS dan EFAS

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang bahwa setiap perusahaan harus dapat membuat strategi yang tepat dan dapat membuat suatu perencanaan untuk bersaing di masa sekarang dan di masa yang datang. Klinik Amira dikelola oleh Yayasan Amira adalah sebuah usaha yang bergerak dibidang jasa pelayanan kesehatan. Berdasarkan data pasien 10 bulan terakhir mengalami penurunan, walaupun mengalami kenaikan namun kenaikan ini hanya sedikit dan kemudian menurun kembali. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kelayakan usaha agar dapat mengetahui strategi pengembangan usaha Klinik Amira. Menganalisis dan mengevaluasi faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi kelangsungan usaha, serta merumuskan prioritas strategi pengembangan pasar yang sesuai dengan kondisi lingkungan Klinik Amira. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, jenis penelitian ini adalah studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknis analisis interaktif. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah dari analisis pembobotan rating dan skor IFAS dan EFAS diperoleh jumlah skor kekuatan (S) 1.80, faktor kelemahan (W) 0.70, faktor kesempatan (O) 1.60, dan faktor ancaman (T) yaitu 0.65. Selisih antara IFAS dan EFAS diperoleh posisi Klinik Amira pada kuadran I yaitu agresif. Strategi yang tepat yang diambil oleh pemilik klinik adalah pengembangan pasar dengan cara membuka klinik baru dan meningkatkan mutu pelayanan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Hapzi. (2018). Modul Manajemen Strategic. Jakarta: UMB. Google Scholar

Amstrong, Gery, & Kotler, Philip. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran. Jakarta: Erlangga. Google Scholar

David, Fred R., & David, Forest R. (2016). Manajemen strategik: Suatu pendekatan keunggulan bersaing. Jakarta: Salemba Empat. Google Scholar

Fandy, Tjiptono. (2015). Strategi Pemasaran Edisi-4, Yogyakarta: Cv. Andi Offset. Google Scholar

Indrawan, Rully, & Kaniawati, Poppy. (2014). Metodologi Penelitian, edisi 1. Bandung: Penerbit PT Refika Aditama. Google Scholar

Moleong, Lexy J. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Google Scholar

Mustofa, Imam. (2018). Analisis Swot Sebagai Dasar Strategi Pengadaan Bahan Baku Kayu Sengon Laut (Studi Pada UD. Duta Agung Jaya Purworejo Lumajang). Google Scholar

Nuridin, H., & Tiarah, Tiarah. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan Jasa Building Automatic System PT. Azbil Berca Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(1). Google Scholar

Peraturan Menteri Kesehatan RI No 43 tahun 2019. (2019). Peraturan Menteri Kesehatan RI No 43 tahun 2019 tentang Puskesmas. Peraturan Menteri Kesehatan RI No 43 Tahun 2019 Tentang Puskesmas, Nomor 65(879), 2004–2006. Google Scholar

Reza, F., Santoso, Budi, & Dewi, Eka. (2020). Strategi Pemasaran Berdasarkan Analisis SWOT pada Mini Market di Mutiara Mart Rowotengah Jember. International Journal of Social Science and Business, 4(2), 301–307. Google Scholar

Rufaidah, Popy. (2012). Manajemen strategik. Bandung: Penerbit Humaniora. Google Scholar

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Metode Penelitian Dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D. Google Scholar

Sugiyono. (2017). MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. Sugiyono. (2017). MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: PT Alfabet. Google Scholar

Sugiyono, Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung. Google Scholar

Yunus, Eddy. (2016). Manajemen Strategis. Penerbit Andi. Google Scholar
Published
2021-08-19