Problematika Keterlibatan Perempuan dalam Organisasi Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Di Desa Rakalaba Kabupaten Ngada
Abstract
Keterlibatan kaum perempuan dalam organisasi kemasyaraktan terus mendapat perhatian dan dukungan. Peningkatan peran perempuan yang aktiv tidak serta memberdayakan mereka akibat masalah dalam organisasi. Tujuan dari penelitian adalah mengetahui problematika keterlibatan perempuan dalam organisasi Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) studi kasus di Desa Rakalaba Kecamatan Golewa Barat Kabupaten Ngada. Kajian penelitian terfokus pada keterlibatan perempuan dalam organisasi Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dalam pemberdayaan perempuan. Keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat memiliki peran penting dalam pembangunan yang berjalan seiring angka kemisikinan yang tinggi, subordinasi, dominasi kekuasaan, akses pada ruang publik, serta jarak sosial menjadi tekanan masif yang berpotensi pada timbulnya berbagai masalah sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah konsep pemberdayaan dan dikupas menggunakan teori interaksionisme simbolik. Hasil penelitian menunjukkan problematika kertelibatan perempuan disebabkan beberapa faktor seperti rendahnya pendidikan yang berdampak pada pengetahuan dan pemahaman tentang berorganisasi, bias gender yang menimbulkan disorientasi dalam berorganisasi, serta peran psikologis seperti rasa malu, minder, takut. Beberapa faktor penghambat yakni faktor psikologis, faktor situasional dan faktor sosial budaya yang kemudian menjadi elemen yang ditemukan dalam penelitian ini sebagai faktor penghambat tambahan keterlibatan perempuan di Desa Rakalaba dalam berorganisasi.
Downloads
References
Afrizal. (2014). Metode penelitian kualitatif: sebuah upaya mendukung penggunaan penelitian kualitatif dalam berbagai disiplin ilmu. PT RajaGrafindo Persada. Google Scholar
Hoppe, Christian. (2011). Preictal, ictal and postictal cognition. Neuropsychology in the Care of People with Epilepsy. Progress in Epileptic Disorders, 11, 93–120. Google Scholar
Kiranantika, Anggaunita. (2020). Perempuan, Anak dan Keluarga Dalam Arus Perubahan. Nas Media Pustaka. Google Scholar
Kusrina, Tity. (2017). Pemberdayaan Perempuan Meningkatkan Keterampilan Kegiatan PKK Di Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 11(1), 55–65. Google Scholar
Moleong, Lexy J. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Google Scholar
Nurcholis, Siti Neneng. (2021). Peran Panti Sosial Bina Karya Harapan Jaya Kabupaten Tangerang dalam Pemberdayaan Warga Binaan Sosial Melalui Pelatihan Life Skills. UIN SMH Banten. Google Scholar
Pathony, Tony. (2019). Proses Pemberdayaan Masyarakat Melalui Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Kabupaten Subang. International Journal of Demos, 1(2), 262–289. Google Scholar
Punusingon, Debora Meriska, Sambiran, Sarah, & Kairupan, Josef. (2018). Peran Lurah Dalam Mengoptimalisasikan Kegiatan PKK di Kelurahan Tingkulu Kecamatan Wanea Kota Manado. Jurnal EksekutiF, 1(1). Google Scholar
Rohayati, Rohayati. (2017). Proses Komunikasi Masyarakat Cyber Dalam Perspektif Interaksi Simbolik. Jurnal Dakwah Risalah, 28(1), 43–54. Google Scholar
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Google Scholar
Suryakusuma, Julia I., Katjasungkana, Nugraha, Notosusanto, Tam, & Chabibah, Uswatul. (2011). Ibuisme negara: Konstruksi sosial keperempuanan orde baru. Komunitas Bambu. Google Scholar
Wadu, Ludovikus Bomans, Ladamay, Iskandar, & Dadi, Maria Yosefina. (2018). Faktor Pendukung dan Penghambat Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Dalam Meningkatkan Keterampilan Warga Negara Melalui Program Pokok PKK. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(1), 62–71. Google Scholar
Wieringa, Saskia. (1992). Ibu or the beast: Gender interests in two Indonesian women’s organizations. Feminist Review, 41(1), 98–113. Google Scholar
Zellatifanny, Cut Medika, & Mudjiyanto, Bambang. (2018). Tipe penelitian deskripsi dalam ilmu komunikasi. Diakom: Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83–90. Google Scholar
Copyright (c) 2021 Patricius Marianus Botha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.