Penerapan Keterampilan Menyimak Berbasis Karakter Melalui Film Animasi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas 3A SD Al Husna Kota Madiun Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Keterampilan menyimak merupakan keterampilan dasar yang harus dikuasai sebelum mempelajari keterampilan bahasa selanjutnya. Adanya ketidak fokusan siswa ketika menyimak, kurangnya motivasi dalam kegiatan menyimak serta rasa bosan yang muncul selama melaksanakan kegiatan menyimak menjadi hal yang perlu untuk dilakukan evaluasi dan inovasi terhadap kegiatan dalam keterampilan menyimak. Selain itu, perlunya penanaman karakter selama pandemi Covid-19 menjadi hal yang penting untuk diterapkan. Sebab, selama pandemi Covid-19 pembelajaran dilakukan secara daring yang membuat guru tidak dapat menerapkan kegiatan penanaman karakter secara langsung seperti pada saat kegiatan luring. Oleh karena itu, adanya kesinambungan dalam keterampilan menyimak dan penerapan karakter menjadi hal yang patut diterapkan sebagai inovasi dalam pembelajaran selama daring. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi penerapan keterampilan menyimak berbasis karakter dan mengidentifikasi kendala dari penerapan keterampilan menyimak berbasis karakter melalui Film Animasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 3A SD Al Husna Kota Madiun. Subyek dari penelitian ini meliputi guru wali kelas 3A, peserta didik dan orang tua. Pemerolehan data dengan menggunakan tiga jenis instrumen yaitu pedoman wawancara, pengamatan dan pedoman studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan teknik milik Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil yang didapat pada tujuan penelitian pertama adalah dalam proses pembelajarannya (kegiatan menyimak) menggunakan aplikasi Google Meet. Mengenai proses pembelajaran menjadi lancar (perlunya komunikasi) menggunakan aplikasi WhatsApp Group (WAG). Sedangkan penerapan keterampilan menyimak berbasis karakter melalui film animasi, menerapkan film animasi Nusa dan Rara. Kendala yang muncul adalah tidak stabilnya jaringan dan keterbatasan kuota yang dialami oleh guru dan peserta didik.
Downloads
References
Agiari, I. Gusti Ayu, Sudarma, I. Komang, & Suarjana, I. Made. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Word Square Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Pada Siswa Kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1). Google Scholar
Agustina, Aryanti. (2015). Pengajaran Sastra dan Pembinaan Karakter Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional, (Nomor), 137–144. Google Scholar
Bagus, Rai. (2017). Kesulitan Menyimak dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia (Penelitian Studi Kasus Pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar Inklusi X Bandung). Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 7(1), 41–52. Google Scholar
Basri, Ivo. (2017). Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar (SD) Berbasis Pendidikan Karakter dan Multikultural. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(4), 247–251. Google Scholar
Demillah, Airani. (2019). Peran film animasi nussa dan rara dalam meningkatkan pemahaman tentang ajaran islam pada pelajar SD. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 106–115. Google Scholar
Dewi, Kusuma, Pratisia, Tuisda, & Putra, Alfyananda Kurnia. (2021). Implementasi pemanfaatan google classroom, google meet, dan instagram dalam proses pembelajaran online menuju abad 21. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(5), 533–541. Google Scholar
Djiwandono, Sri Esti Wuryani. (2006). Psikologi pendidikan. Google Scholar
Fauyan, Muchamad. (2018). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum 2013 Di SD/MI Kota Pekalongan. Jurnal Komposisi, 3(2), 96–105. Google Scholar
Handayani, Eka Selvi, & Subakti, Hani. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SDN 027 Samarinda ULU. Jurnal Basataka (JBT), 3(2), 81–89. Google Scholar
Harlina, Harlina, & Wardarita, Ratu. (2020). Peran Pembelajaran Bahasa dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bindo Sastra, 4(1), 63–68. Google Scholar
Jatiyasa, I. Wayan. (2012). Pengajaran Keterampilan Menyimak di Sekolah Dasar. Lampuhyang, 3(2), 57–67. Google Scholar
Juniartini, Ni Made Emy, & Rasna, I. Wayan. (2020). Pemanfaatan aplikasi google meet dalam keterampilan menyimak dan berbicara untuk pembelajaran bahasa pada masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 133–141. Google Scholar
Kokomaking, Yeherlina Ohe, & Usman, Misnawaty. (2021). Peningkatan Kemampuan Menyimak Melalui Teknik Bisik Berantai. Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 2(2), 78–88. Google Scholar
Maryanti, Ika, & Mukhidin, Mukhidin. (2017). Penggunaan Media Audio Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Cerita Rakyat Pada Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sd Negeri Lengkong. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 2(2), 357–366. Google Scholar
Noermanzah, Noermanzah. (2019). Bahasa sebagai alat komunikasi, citra pikiran, dan kepribadian. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 306–319. Google Scholar
Nuraini, Cut. (2019). Kedidaktisan Di Dalam Genre Fiksi Anak “Fiksi Realistikâ€(Film Pendek Berseri Nusa dan Rara). Riksa Bahasa: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 5(2), 141–144. Google Scholar
Nurgiyanto, Heru. (2011). Penerapan pembelajaran siklus belajar berbantuan media animasi komputer untuk meningkatkan keterampilan kerja ilmiah dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII-H SMP Negeri 4 Kepanjen Kabupaten Malang. Penerapan Pembelajaran Siklus Belajar Berbantuan Media Animasi Komputer Untuk Meningkatkan Keterampilan Kerja Ilmiah Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII-H SMP Negeri 4 Kepanjen Kabupaten Malang/Heru Nurgiyanto. Google Scholar
Pratiwi, Cerianing Putri. (2018). Penerapan Media Warek (Wayang Karakter) untuk Menumbuhkan Nilai Religius pada Pembelajaran Menyimak Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Muaddib: Studi Kependidikan Dan Keislaman, 8(1), 65–76. Google Scholar
Prawanti, Lia Titi, & Sumarni, Woro. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 3(1), 286–291. Google Scholar
Prihatin, Yulianah. (2017). Problematika keterampilan menyimak dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Sastranesia, 5(3), 45–52. Google Scholar
Putri, Kadek Reqno Astyka. (2013). Hubungan Antara Identitas Sosial dan Konformitas dengan Perilaku Agresi pada Su-porter Sepakbola Persisam Putra Samarinda. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(3). Google Scholar
Rijali, Ahmad. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81–95. Google Scholar
Sani, Martina. (2016). Kegiatan Menutup Pelajaran. Journal of Accounting and Business Education, 1(3). Google Scholar
Santoso, Santoso, Suyahmo, Suyahmo, Rachman, Maman, & Utomo, Cahyo Budi. (2020). Urgensi Pendidikan Karakter Pada Masa Pandemi Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 3(1), 558–563. Google Scholar
Sari, Nofita, & Ahsani, Eva Luthfi Fakhru. (2020). Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Google Form Selama Masa Pandemi Pada Peserta Didik SD/MI. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(2), 107–118. Google Scholar
Satria, Tio Gusti. (2017). Meningkatkan Keterampilan Menyimak Melalui Pendekatan Saintifik Pada Anak Kelas Iv Jakarta Barat. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 114–120. Google Scholar
Sholihah, Rizki Amalia. (2020). Praktik Pembelajaran Keterampilan Berbicara Di Masa Pandemi Covid-19. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 705–717. Google Scholar
SP, Jenny Indrastoeti. (2016). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Implementasipendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan. Google Scholar
Uddin, Liliana, Wahyuni, Chatarina Umbul, & Setiawan, Arif Yoni. (2021). Evaluasi Sistem Surveilans Tuberkulosis (TB) di Kabupaten Jember Berdasarkan Atribut Sistem Surveilans. Jurnal Kesehatan Global, 4(1), 41–53. Google Scholar
Wati, Lidia. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Pair Check Terhadap Keterampilan Menyimak Pengumuman Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 4(2). Google Scholar
Wibowo, Muhammad Arief. (2016). Penerapan Strategi Directed Listening Thinking Approach (DLTA) dalam Pembelajaran Keterampilan Menyimak pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 20(1). Google Scholar
Widianti, Tira, Djuanda, Dadan, & Gusrayani, Diah Diah. (2016). Meningkatkan keterampilan menyimak dengan menerapkan model pembelajaran quantum dalam membuat denah berdasarkan penjelasan yang didengar. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 1–10. Google Scholar
Zain, Nur Harizah, Sayekti, Ika Candra, & Eryani, Rita. (2021). Problematika Pembelajaran Daring pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1851–1860. Google Scholar
Copyright (c) 2021 Ryan Eka Rahmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.