Penerapan Keterampilan Menyimak Berbasis Karakter Melalui Film Animasi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas 3A SD Al Husna Kota Madiun Masa Pandemi Covid-19

  • Ryan Eka Rahmawati Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya Jawa Timur, Indonesia

Abstract

Keterampilan menyimak merupakan keterampilan dasar yang harus dikuasai sebelum mempelajari keterampilan bahasa selanjutnya. Adanya ketidak fokusan siswa ketika menyimak, kurangnya motivasi dalam kegiatan menyimak serta rasa bosan yang muncul selama melaksanakan kegiatan menyimak menjadi hal yang perlu untuk dilakukan evaluasi dan inovasi terhadap kegiatan dalam keterampilan menyimak. Selain itu, perlunya penanaman karakter selama pandemi Covid-19 menjadi hal yang penting untuk diterapkan. Sebab, selama pandemi Covid-19 pembelajaran dilakukan secara daring yang membuat guru tidak dapat menerapkan kegiatan penanaman karakter secara langsung seperti pada saat kegiatan luring. Oleh karena itu, adanya kesinambungan dalam keterampilan menyimak dan penerapan karakter menjadi hal yang patut diterapkan sebagai inovasi dalam pembelajaran selama daring. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi penerapan keterampilan menyimak berbasis karakter dan mengidentifikasi kendala dari penerapan keterampilan menyimak berbasis karakter melalui Film Animasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 3A SD Al Husna Kota Madiun. Subyek dari penelitian ini meliputi guru wali kelas 3A, peserta didik dan orang tua. Pemerolehan data dengan menggunakan tiga jenis instrumen yaitu pedoman wawancara, pengamatan dan pedoman studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan teknik milik Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil yang didapat pada tujuan penelitian pertama adalah dalam proses pembelajarannya (kegiatan menyimak) menggunakan aplikasi Google Meet. Mengenai proses pembelajaran menjadi lancar (perlunya komunikasi) menggunakan aplikasi WhatsApp Group (WAG). Sedangkan penerapan keterampilan menyimak berbasis karakter melalui film animasi, menerapkan film animasi Nusa dan Rara. Kendala yang muncul adalah tidak stabilnya jaringan dan keterbatasan kuota yang dialami oleh guru dan peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 19, 2021
How to Cite
RAHMAWATI, Ryan Eka. Penerapan Keterampilan Menyimak Berbasis Karakter Melalui Film Animasi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas 3A SD Al Husna Kota Madiun Masa Pandemi Covid-19. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 6, n. 8, p. 4065-4083, aug. 2021. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/3878>. Date accessed: 27 sep. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i8.3878.