Pengaruh Konten Social Media Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Xing Fu Tang
Abstract
Perkembangan teknologi informasi di Indonesia setiap harinya semakin hari terus meningkat dari tahun ke tahun karena semakin canggihnya teknologi yang muncul ke Indonesia. Demikian dengan social media, rata-rata penduduk Indonesia sangat aktif menggunakan social media. Social media memiliki berbagai macam jenisnya dan fungsinnya sesuai dengan kebutuhannya dan social media yang sering sekali dipakai untuk melakukan promosi dalam penjualan adalah Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Konten social media Instagram terhadap keputusan pembelian. Dalam penelitian ini metodologi yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian survey. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online kepada 100 followers Instagram Xing Fu Tang yaitu @xingfutang_indonesia. Dari penelitian ini menunjukkan hasil bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari social media Instagram terhadap keputusan pembelian Xing Fu sebesar 67,1. Saran yang dapat diberikan terkait dengan hasil penelitian ini diharapkan Xing Fu Tang lebih memperhatikan kembali berpengaruhnya social media Instagram terhadap keputusan pembelian.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. (2016). Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara. Google Scholar
Duwi, Priyatno. (2013). Analisis Korelasi, Regresi, dan Multivariate dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media. Google Scholar
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program (IBM. SPSS). Edisi 8. Semarang: Indonesia: Universitas Diponegoro. Google Scholar
Indonesia Digital. (2019). Tinjauan Umum. Diperoleh dari website Indonesia Digital. Retrieved from https://websindo.com/indonesia-digital-2019-tinjauan-umum/ Google Scholar
Kotler, P. and Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15 ed.). Malaysia: Pearson Education Limited.
Kotler, Philip, & Keller, Kevin Lane. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi-13, Jilid 1, terj. Bob Sabran. Jakarta: Penerbit Erlangga. Google Scholar
Kurniasari, Meatry, & Budiatmo, Agung. (2018). Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada J. Co Donuts & Coffee Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(3), 152–159. Google Scholar
Mileva, Lubiana, & Fauzi DH, Achmad. (2018). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Online pada Mahasiswa Sarjana Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2014/2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Membeli Starbucks Menggunakan LINE). Jurnal Administrasi Bisnis, 58(1), 181–189. Google Scholar
Pamungkas, B. A. dan Zuhroh, S. (2016). Pengaruh Promosi Di Media Sosial Dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Komunikasi Universitas Trunojoyo, 10(2), 145–160. Google Scholar
Rusman, R. (2015). Pembelajaran tematik terpadu. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Google Scholar
Sendari, A. A. (2019). Instagram adalah Platform Berbagi Foto dan Video, Ini Deretan Fitur Canggihnya. Retrieved from https://www.liputan6.com/tekno/read/3906736/instagram-adalah-platform-berbagi-foto-dan-video-ini-deretan-fitur-canggihnya Google Scholar
Simon, K. (2019). Global Social Media Users Pass 3.5 Billion. Retrieved from https://wearesocial.com/blog/2019/07/global-social-media-users-pass-3-5-billion# Google Scholar
Siregar, Syofian. (2013). Metode penelitian kuantitatif. Jakarta: kencana. Google Scholar
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta. Google Scholar
Sugiyono. (2017). MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Copyright (c) 2021 Shendi Puspayani, Jessica Jessica, Budiarto Budiarto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.