STRATEGI PEMASARAN PEMBIAYAAN MURABAHAH DALAM PENGEMBANGAN USAHA NASABAH DI KOPERASI MITRA DHUAFA CABANG RAJAGALUH MAJALENGKA.
Abstract
Pembiayaan murabahah mudah dijumpai di Koperasi khususnya koperasi di kota majalengka dan persyaratan yang tidak merumitkan masyarakat, hal ini membuat pembiayaan murabahah lebih banyak diminati masyarakat dibandingkan dengan pembiayaan lainnya. Beberapa hal yang mempengaruhi permintaaan pembiayaan murabahah diantaranya adalah harga barang itu, harga barang lain yang terkait, tingkat kemampuan dan daya beli masyarakat dan perkiraan harga dimasa yang akan datang. Dalam dunia perbankan harga barang itu identik atau terkait dengan margin dan daya beli masyarakat identik atau terkait dengan agunan dan jarak. Penelitian ini memakai pendekatan metode Penelitian kualitatif yang berupaya menarik faktor-faktor dan informasi-informasi dari data lapangan yang ditemui untuk dianalisa lebih lanjut yang kemudian diambil kesimpulan Berdasarkan pada pembahasan yang telah peneliti uraikan, maka kesimpulan yang dapat diambil peneliti adalah sebagai berikut : Karakteristik pembiayaan murabahah yang dilakukan oleh Koperasi Mitra Dhuafa cabang Rajagaluh Majalengka adalah dengan akad jual beli harga yang ditetapkan oleh pihak penjual (koperasi syariah) tidak dipengaruhi oleh jarak waktu pembayaran. Artinya, praktek murabahah menghendaki hanya ada satu harga, yaitu harga yang telah disepakati antara pihak koperasi syariah dengan nasabah.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Pembiayaan Murabahah, Nasabah.