PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TENAGA KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN BAGIAN KASIR PADA TOSERBA YOGYA DI KABUPATEN MAJALENGKA
Abstract
Kesuksesan dalam sebuah manajemen perusahaan adalah perusahaan dapat melihat kompetensi SDM serta mampu meningkatkannya sehingga menjadi karyawan yang sesuai dengan kriteria kebutuhan perusahaan. Kemampuan dalam membaca dan melihat peluang sangat dibutuhkan bagi perusahaan, apalagi perkembangan dan keberlangsungan kondisi internal dan eksternal perusahaan tidak stagnan, artinya akan selalu mengalami perubahan berkelanjutan. Masalah internal yang terjadi dalam SDM menjadi tanggungjawab perusahaan yang perlu secepatnya direspon. Karena kemampuan (skill) serta pengetahuan karyawan menjadi kunci lancarnya manajemen perusahaan. Beberapa indikator dari kemampuan kerja karyawan dapat dilihat dari etos kerja karyawan secara umum, artinya kemampuan (skill) karyawan dapat dilihat dari tingkat kerjanya. Dengan demikian, penelitian ini akan mengambil sempel penelitian pada salah satu perusahaan Toserba Yogya yang berada di Majalengka. Peneliti akan mengambil sampel Karyawan sebanyak 30 karyawan dari 60 karyawan yang ada. Dari hasil perhitungan penelitian dan uji statistic diketahui bahwa secara parsial, dimana pendidikan sebagai variabel X1 berpengaruh signifikan atau terjadi pengaruh dan terbukti kebenarannya terhadap variabel produktivitas kerja (Y). Hal ini diketahui dari nilai thitung untuk variabel (X1) adalah sebesar 6,114 lebih besar dari ttabel sebesar 2,048 . dengan besar pengaruh adalah sebesar 8 %. Kemudian variabel X2 yaitu Pelatihan berpengaruh secara signifikan atau terjadi pembuktian kebenaranya terhadap variabel produktifitas kerja (Y). Hal ini diketahui dari nilai thitung untuk variabel (X2) adalah sebesar 2,225 > ttabel yang sebesar 2,048 dengan besar pengaruh adalah sebesar 1,7 %. Dengan demikian pendidikan dan pelatihan (X1 dan X2) secara simultan berpengaruh terhadap produktivitas kerja (Y). Hal ini diketahui dari nilai thitung secara simultan adalah sebesar 2,411 > ttabel yang sebesar 2,048 dengan besar pengaruh adalah sebesar 77,79 %. Dengan memperhatikan pengaruh masing-masing variabel bebas dapat dilihat bahwa variabel X1 memberikan pengaruh sebanyak 8 %. Sedangkan variabel pelatihan (X2) memberikan pengaruh sebesar 1,7 %.
Kata Kunci : Pendidikan, pelatihan, produktivitas kerja.