Spiritualitas dalam Novel Five People That You Meet In Heaven Karya Mitch Albom dan Novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu Karya Tere Liye

  • Annisa Nur Pertiwi Universitas Airlangga Surabaya Jawa Timur, indonesia

Abstract

Novel The Five People You Meet in Heeaven karya Mitch Albom yang terbit pada tahun 2003 dan novel Rembulan Tenggelam Di Wajahmu karya Tere Liye yang terbit pada tahun 2009 memiliki kemiripan dalam penceritaan spiritualitas yang dialami oleh tokoh dalam novel tersebut. Karakter utama dalam kedua novel tersebut yang bernama Eddie dan Rehan mengalami perjalanan tidak biasa, perjalanan tersebut menceritakan apa yang terjadi setelah kematian. Kedua novel tersebut diteliti menggunakan kajian spiritualitas sastra dengan pendekatan lain yaitu sastra bandingan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana sastra memberi gambaran akan perjalanan setelah kematian. Terlebih lagi kemiripan yang menonjol dari kedua novel tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, instrumen penelitian adalah peneliti itu sendiri, teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka dan teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif. Hasil yang ditemukan oleh peneliti pada kedua novel yaitu, adanya kesamaan struktur yaitu tema, alur, penokohan, amanat. Sementara yang membedaan novel Mitch Albom dengan Tere Liye adalah akhir cerita, Rembulan Tenggelam Di Wajahmu memberikan sedikit harapan atas perilakunya semasa hidup membuat novel ini berbeda dari The Five People You Meet in Heeaven.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 18, 2021
How to Cite
PERTIWI, Annisa Nur. Spiritualitas dalam Novel Five People That You Meet In Heaven Karya Mitch Albom dan Novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu Karya Tere Liye. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 6, n. 9, p. 4299-4310, sep. 2021. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/4087>. Date accessed: 22 oct. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i9.4087.