Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Google Meet
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi merebaknya kasus Covid-19 yang penyebarannya mulai mengkawatirkan. Kondisi ini memaksa guru harus menyiapkan pembelajaran secara online. Pembelajaran yang paling sederhana dilakukan guru melalui Whatsapp group dengan orang tua murid. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil yang didapatkan dari penerapan model Discovery Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan kualitatif. Hsil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Google Meet dapat membantu guru dalam menyampaikan materi maupun memberikan tugas dan bimbingan kepada siswa sehingga persoalan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa yang rendah dapat diatasi. Beberapa penelitian terdahulu menjadi acuan peneliti untuk menggunakan aplikasi Google Meet dengan didukung penerapan model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.
Downloads
References
Ilpaj, Salma Matla, & Nurwati, Nunung. (2020). Analisis pengaruh tingkat kematian akibat COVID-19 terhadap kesehatan mental masyarakat di Indonesia. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 3(1), 16–28. Google Scholar
Kamiyati, Yuly, & Nurmayanti, Nopi. (2021). Motivasi Belajar Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lokabmas Kreatif: Loyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif, 2(2), 21–27. Google Scholar
Kristina, Marilin, Sari, Ruly Nadian, & Nagara, Erliza Septia. (2020). Model Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19 di Provinsi Lampung. Idaarah, 4(2), 200–209. Google Scholar
Mulyasa, Enco. (2004). Manajemen berbasis sekolah: konsep, strategi dan implementasi. Google Scholar
Mustikaningrum, Galih, Widiyanto, Widiyanto, & Mediatati, Nani. (2021). Application of The Discovery Learning Model Assisted by Google Meet to Improve Students’ Critical Thinking Skills and Science Learning Outcomes. International Journal of Elementary Education, 5(1). Google Scholar
Oktiani, Ifni. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. Google Scholar
Patonah, Imas, & Muasomah, Muasomah. (2021). Faktor Kurang Optimal Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi di Desa Rowolaku, Kajen, Pekalongan, Jawa Tengah. JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat, 2(1), 115–125. Google Scholar
Pribadi, Slamet. (2020). Revitalisasi Pos Kamling Berbasis Komunitas Di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Keamanan Nasional, 6(2), 304–321. Google Scholar
Sari, Nofita, & Ahsani, Eva Luthfi Fakhru. (2020). Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Google Form Selama Masa Pandemi Pada Peserta Didik SD/MI. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(2), 107–118. Google Scholar
Sofyan, Yayan. (2018). Analisis Bauran Promosi pada PT. anugrah Parahyangan Jaya. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(2), 161–178. Google Scholar
Widyanti, Rista Dwi Rahma. (2018). Pengembangan Media Animasi Flash Dengan Strategi Murder Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pelajaran IPA Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(8). Google Scholar
Wijaya, Etistika Yuni, Sudjimat, Dwi Agus, Nyoto, Amat, & Malang, U. N. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(26), 263–278. Google Scholar
Wijaya, Hengki. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray. Google Scholar
Wiratsiwi, Wendri, & Mizan, Saeful. (2021). Training on the use of google classrooms and google forms for elementary school teachers in Singgahan District, Tuban. Community Empowerment, 6(5), 688–693. Google Scholar
Copyright (c) 2021 Galih Mustikaningrum, Widiyanto Widiyanto, Nani Medianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.