Pengaruh Komunikasi Efektif pada Kepuasan Pasien Di Instalasi Fisioterapi RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas.

  • Popo Subroto Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin Kalimantan Selatan, Indonesia
  • Muhammad Ilham Kurniawan Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin Kalimantan Selatan, Indonesia
  • Sahid Adam Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin Kalimantan Selatan, Indonesia
  • Marhaeni Fajar Kurniawati Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin Kalimantan Selatan, Indonesia
Keywords: komunikasi efektif, kepuasan, fisioterapi

Abstract

Fisioterapi adalah salah satu metode penyembuhan yang digunakan untuk mengembalikan peran atau tugas dari sesuatu organ badan atau tubuh manusia dengan memakai tenaga alam. Di dalam bidang ilmu fisioterapi, tenaga alam yang dipakai antara lain seperti tenaga listrik, pancaran sinar, air, dingin, massage atau pijatan dan latihan yang pemakaiannya disesuaikan dengan batasan toleransi bagi pasien sehingga didapatkan dampak dari penyembuhan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dari komunikasi efektif apabila ditinjau dari aspek REACH (respect, emphaty, audible, clarity, dan humble) pada kepuasan pasien di dalam pelayanan kesehatan terutama fisioterapi di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas. Dalam penelitian ini menggunakan metode cross sectional serta metode accidental sampling. Kuisioner diedarkan kepada 40 responden yang terpilih dan sudah mendapatkan pelayanan di Instalasi Fisioterapi RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas. Dalam uji statistik yang digunakan memakai uji Somers dan Gamma dengan menggunakan SPSS IBM 26. Dari seluruh penghitungan aspek REACH yang dilakukan dimana didapatkan hasil frekuensi ‘selalu dilakukan’ atau ‘sering dilakukan’. Sebagian besar dari responden merasa puas (70%), dan cukup puas (30%). Adanya hubungan antara komunikasi efektif pada kepuasan efektif pada kepuasan pasien Instalasi Fisioterapi secara signifikan secara statistik (p<0,05).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditama, Candra Yoga. (2003). Manajemen administrasi rumah sakit.Google Scholar

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. 2010. Jakarta: Rineka Cipta. Google Scholar

Astuti, Yuli, Wulandari, Irma Rofni, Abdiel Alim, W., Vikiyana Haris, A., Hasanu, Fawwaz, Bibit Aries, K., & Utami, Rina Puji. (2021). Animasi 2 Dimensi Sebagai Infografis Pencegahan Virus Covid 19 Pada Paud Terpadu Allifa. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 215–221. Google Scholar

Chandra, Swastika, Ward, Paul, & Mohammadnezhad, Masoud. (2019). Factors associated with patient satisfaction in outpatient department of suva sub-divisional health center, fiji, 2018: a mixed method study. Frontiers in Public Health, 7, 183. Google Scholar

Dahlan, M. Sopiyudin. (2011). Statistik untuk kedokteran dan kesehatan. Penerbit Salemba. Google Scholar

Herlambang, T., Mufarrikoh, Z., Karya, D. F., & Rahmalia, D. (2018). Estimation of water level and steam temperature using ensemble Kalman filter square root (EnKF-SR). Journal of Physics: Conference Series, 1008(1), 12026. IOP Publishing. Google Scholar

Koutromanos, Ioannis, Stavridis, Andreas, Shing, P. Benson, & Willam, Kaspar. (2011). Numerical modeling of masonry-infilled RC frames subjected to seismic loads. Computers & Structures, 89(11–12), 1026–1037. Google Scholar

Lidgett, Cari D. (2016). Improving the patient experience through a commit to sit service excellence initiative. Patient Experience Journal, 3(2), 67–72. Google Scholar

Norouzinia, Roohangiz, Aghabarari, Maryam, Shiri, Maryam, Karimi, Mehrdad, & Samami, Elham. (2016). Communication barriers perceived by nurses and patients. Global Journal of Health Science, 8(6), 65. Google Scholar

RI, Kemenkes. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan No 28 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional Jaminan. Jakarta: Kemenkes RI. Google Scholar

Sugiyono, M. P. P., & Kuantitatif, P. (2009). Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta. Cet. VII. Google Scholar

Waluyo, Agus. (2020). Spin-off Policy on Islamic Insurance Industry Development in Indonesia: Maslahah Perspective. Muqtasid: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 11(2), 133–148. Google Scholars
Published
2021-09-18