Peran Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) dalam Meninngkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Ketapanrame Kecamatan Trawas Mojokerto

  • Yuni Fatmawati Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur, Indonesia
  • Ananta Prathama Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur, Indonesia

Abstract

Abstrak dibuat dalam dua bahasa, yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Abstrak memuat secara singkat tentang latar belakang, tujuan, metode penelitian, hasil Pada era desentralisasi sangat spesifik hingga mencakup lingkungan pemerintah daerah terkecil yaitu desa. Kebijakan pemerintah terkait otonomi desa bertujuan untuk mengoptimalkan pembangunan melalui peningkatan pendapatan dari potensi desa. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana peran Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kewenangan pemerintah desa untuk mengelola sendiri pembangunan desa yaitu dengan mendirikan BUM Desa. BUM Desa Ketapanrame telah menjadi salah satu BUM Desa terbaik di Jawa Timur pada tahun 2020, karena itu menarik untuk melihat dampak dari keberhasilan BUM Desa terhadap kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa peran BUM Desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat yaitu melalui unit-unit usaha dengan pengembangan dan inovasiĀ  usaha sesuai dengan potensi yang dimiliki desa dan menghasilkan profit , menjalin kerjasama dengan lembaga ekonomi desa, menyediakan kebutuhan masyarakat desa, dan kesimpulan penelitian. Abstrak berisi maksimum 250 kata, spasi tunggal ditulis dengan huruf miring (Italic) bagi abstrak Bahasa Inggris. Di bawah abstrak dicantumkan kata kunci yang terdiri atas maksimum enam kata, dimana kata pertama adalah yang terpenting. Abstrak dalam bahasa Indonesia merupakan terjemahan dari bahasa Inggris. Editor berhak untuk mengedit abstrak demi alasan kejelasan isi abstrak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 18, 2021
How to Cite
FATMAWATI, Yuni; PRATHAMA, Ananta. Peran Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) dalam Meninngkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Ketapanrame Kecamatan Trawas Mojokerto. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 6, n. 9, p. 4816-4828, sep. 2021. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/4103>. Date accessed: 22 oct. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i9.4103.