ANALISIS INDEKS KEPUASAN PELAYANAN ADMINISTRATIF DISDUKCAPIL KABUPATEN BREBES DALAM PRESFEKTIF LOYALITAS PUBLIK

  • Bhakti Nur Avianto

Abstract

Pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil terkendala oleh lambatnya waktu pemrosesan pelayanan yang diberikan oleh pemberi layanan publik, bahkan masyarakat seringkali harus bolak-balik dua sampai tiga kali untuk melengkapi dokumen yang diperlukan, selain itu pula masih rendahnya fasilitas sarana ruang tunggu dan prasarana media informasi pelayanan yang belum memadai. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis sampai sejauhmana tingkat tingkat kepuasan pelayanan administratif Disdukcapil Kabupaten Brebes dalam presfektif loyalitas publik.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik survei dimulai dari observasi, wawancara, Focuss Group Discussiondan penyebaran angket kepada masyarakat serta dilanjutkan dengan menganalisis data Indeks Kepuasan Masyarakat. Hasil penelitian ditemukan nilai kepuasan sebesar 0,5573 dengan nilai mutu pelayanan 3,22 kriteria cukup puas. Hasil ini diperoleh dari survei responden penelitian bahwa dari 9 indikator hanya 2 yang bernilai puas sisanya cukup puas. Dua indikator puas terdiri dari persyaratan dan prosedur pelayanan, sedangkan 7 indikator lainnya waktu pelayanan, biaya/tarif, produk spesifikasi jenis pelayanan,kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, maklumat pelayanan, dan penanganan pengaduan cukup puas. Kesimpulannya dengan rata-rata nilai kepuasan pelayanan dapat membantu meningkatkan kinerja pelayanan namun belum maksimal, sedangkan nilai harapan kepuasan yang tinggi adalah kesigapan pelaksana dalam membantu proses persyaratan administratif dengan tepat waktu sesuai harapan masyarakat, indikator inilah yang pada akhirnya tersirat meningkatkan rasa loyalitas responden Disdukcapil Kabupaten Brebes.

Kata Kunci : Pelayanan Administratif, Indeks Kepuasan Masyarakat, Loyalitas Publik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-27