Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Tingkat SMA dalam Pengelolaan Manajemen Mutu – ISO 9001:2008
Abstract
Peningkatan mutu suatu lembaga sangatlah penting untuk keberlangsungan sistem manajemen yang berada di dalam suatu lembaga tersebut. Lembaga pendidikan juga memperhatikan dalam peningkatan kualitas mutu sekolah melalui implementasi manajemen ISO 9001: 2008. Maka dari itu rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah implementasi kebijakan manajemen ISO 9001:2008 terhadap manajemn mutu di SMA Kota Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak ISO dalam pengelolaan mutu pada faktor kebijakan sekolah, Sumber Daya Manusia, Gaya kepemimpinan dan dampak ISO itu sendiri terhadap perkembangan mutu manajemen sekolah. Berdasarkan metode, Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Berdasarkan tujuan, penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode gabungan yaitu; wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dampak implementasi kebijakan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 yang di gabungkan dengan manejemen berbasis sekolah terdapat peningkatan mutu di SMA MTA Surakarta. Peningkatan tersebut berdampak pada manajemen mutu sekolah, yaitu; 1) administrasi, 2) sarana dan prasarana, 3) SDM Pengajar dan tenaga kependidikan. Karena adanya sistem manajemen berbasis sekolah yang memberikan otoritas terhadap sekolah untuk membuat kebijakan secara mandiri tapi juga berpedoman pada kebijakan dari Kemendikbud. Karena adanya implementasi ISO 9001:2008 juga memberikan sebuah branding terhadap sekolah serta berdampak pada standarisasi dalam akreditasi sekolah.
Downloads
References
Dhartamuda, Syaiful Anwar. (2015). Manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah: Studi kasus pada Yayasan Bahana Cita Persada Kota Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Google Scholar
Fadhli, Muhammad. (2017). Manajemen peningkatan mutu pendidikan. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 215–240. Google Scholar
Herlina, Emmi Silvia. (2019). Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0. JURNAL PIONIR, 5(4). Google Scholar
Herlina, Herlina. (2013). Kontribusi Iso 9001: 2008 Dalam Peningkatan Manajemen Mutu Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1). Google Scholar
Jelita, Finda Nestria, & Ferdian, Ary. (2019). Pengaruh Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2015 Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Atas. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 5(1), 56–71. Google Scholar
Khairunniswah, Khairunniswah. (2020). Implementasi Program Kerja Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di SMP-IT Nurul Ilmi. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Google Scholar
Lazwardi, Dedi. (2016). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 6(2). Google Scholar
Manan, Fadjria Novari, & Galba, Sindu. (1989). Sistem subak di Bali. Direktorat Jenderal Kebudayaan. Google Scholar
Merdekawati, Agustina. (2011). Pengembangan profesionalisme pendidik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Lakbok Banjar-Ciamis. UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Google Scholar
Mulyasa, Enco. (2015). Menjadi guru profesional, menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Google Scholar
Nurhayati, Endang. (2010). Nilai-Nilai Moral Islami dalam Serat Wulang Reh. Millah: Jurnal Studi Agama, 10(1), 41–56. Google Scholar
Pasaribu, Payerli. (2017). Peranan Partai Politik dalam Melaksanakan Pendidikan Politik. JPPUMA Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik Universitas Medan Area, 5(1), 51–59. Google Scholar
Suhardan, D. (2010). Standar Kinerja Guru dan Pengaruhnya Terhadap Pelayanan Belajar, dalam Mimbar Pendidikan. Bandung: UPI. Google Scholar
Terry, Robert D. (2000). Cell death or synaptic loss in Alzheimer disease. Journal of Neuropathology & Experimental Neurology, 59(12), 1118–1119. Google Scholar
Usman, Nasir. (2018). Implementasi Sistem Manajemen Mutu Iso 9001: 2008 Pada SMK Negeri 2 Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 6(3). Google Scholar
Copyright (c) 2021 Fauzia Damas Nungkiastuti, Amie Kusumawardhani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.