Aplikasi Metode Appreciation Reflection Creation (ARC) dalam Pembelajaran Berbasis Proyek Penelitian pada Matakuliah Masalah Ketenagakerjaan

  • Oryza Pneumatica Inderasari Universitas Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB), Indonesia
  • Ika Wijayanti Universitas Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB), Indonesia
  • Maya Atri Komalasari Universitas Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB), Indonesia
  • M. Arwan Rosyadi Universitas Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB), Indonesia

Abstract

Kajian ini dihasilkan dari serangkaian proses penelitian dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif pada unit analisis masyarakat di 3 (tiga) lokasi penelitian. Penelitian dilakukan oleh dosen pengajar Mata Kuliah Masalah Ketenagakerjaan Program Studi Sosiologi Universitas Mataram dengan melibatkan mahasiswa dalam proses pembelajaran berbasis proyek atau Project-Based Learning (PBL). Sebelum melaksanakan penelitian, mahasiswa dibekali dengan pengetahuan dasar berupa materi dari rancangan pembelajaran Mata Kuliah Masalah Ketenagakerjaan sebanyak 12 kali pertemuan. Sebelum melaksanakan evaluasi akhir semester, mahasiswa dilibatkan dalam aktivitas proyek penelitian pada pada pertemuan ke 13 sampai ke 16. Penelitian lapangan, penulisan laporan penelitian hingga seminar hasil penelitian. Secara khusus mahasiswa dibekali teknik Appreciation Reflection Creation (ARC) untuk memudahkan mereka melakukan kegiatan penelitian lapangan hingga melakukan penyusunan laporan penelitian. Hasil penelitian dari 6 kelompok yang tersebar pada 3 lokasi menunjukkan realitas yang dapat dibahas dalam tema-tema khusus pada mata kuliah masalah ketenagakerjaan, antara lain: eksploitasi pekerja di bawah umur, budaya dan organisasi kerja, modal sosial dalam kerja, sistem pengupahan dan hubungan kerja, serta partisipasi masyarakat dalam pengelolaan pariwisata. Tantangan pembelajaran ini efektif menumbuhkan rasa percaya diri, sikap positif dan ketrampilan sosial mahasiswa. Hasil penelitian mahasiswa kemudian dipublikasikan oleh dosen pengajar Mata Kuliah Masalah Ketenagakerjaan Program Studi Sosiologi Universitas Mataram

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 18, 2021
How to Cite
INDERASARI, Oryza Pneumatica et al. Aplikasi Metode Appreciation Reflection Creation (ARC) dalam Pembelajaran Berbasis Proyek Penelitian pada Matakuliah Masalah Ketenagakerjaan. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 6, n. 9, p. 4641-4664, sep. 2021. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/4178>. Date accessed: 22 oct. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i9.4178.