Aplikasi Metode Appreciation Reflection Creation (ARC) dalam Pembelajaran Berbasis Proyek Penelitian pada Matakuliah Masalah Ketenagakerjaan

  • Oryza Pneumatica Inderasari Universitas Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB), Indonesia
  • Ika Wijayanti Universitas Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB), Indonesia
  • Maya Atri Komalasari Universitas Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB), Indonesia
  • M. Arwan Rosyadi Universitas Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB), Indonesia
Keywords: praktikum sosial, masalah ketenagakerjaan, metode ARC

Abstract

Kajian ini dihasilkan dari serangkaian proses penelitian dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif pada unit analisis masyarakat di 3 (tiga) lokasi penelitian. Penelitian dilakukan oleh dosen pengajar Mata Kuliah Masalah Ketenagakerjaan Program Studi Sosiologi Universitas Mataram dengan melibatkan mahasiswa dalam proses pembelajaran berbasis proyek atau Project-Based Learning (PBL). Sebelum melaksanakan penelitian, mahasiswa dibekali dengan pengetahuan dasar berupa materi dari rancangan pembelajaran Mata Kuliah Masalah Ketenagakerjaan sebanyak 12 kali pertemuan. Sebelum melaksanakan evaluasi akhir semester, mahasiswa dilibatkan dalam aktivitas proyek penelitian pada pada pertemuan ke 13 sampai ke 16. Penelitian lapangan, penulisan laporan penelitian hingga seminar hasil penelitian. Secara khusus mahasiswa dibekali teknik Appreciation Reflection Creation (ARC) untuk memudahkan mereka melakukan kegiatan penelitian lapangan hingga melakukan penyusunan laporan penelitian. Hasil penelitian dari 6 kelompok yang tersebar pada 3 lokasi menunjukkan realitas yang dapat dibahas dalam tema-tema khusus pada mata kuliah masalah ketenagakerjaan, antara lain: eksploitasi pekerja di bawah umur, budaya dan organisasi kerja, modal sosial dalam kerja, sistem pengupahan dan hubungan kerja, serta partisipasi masyarakat dalam pengelolaan pariwisata. Tantangan pembelajaran ini efektif menumbuhkan rasa percaya diri, sikap positif dan ketrampilan sosial mahasiswa. Hasil penelitian mahasiswa kemudian dipublikasikan oleh dosen pengajar Mata Kuliah Masalah Ketenagakerjaan Program Studi Sosiologi Universitas Mataram

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adalya, Michelle, Pitoyo, Agus Joko, & Alfana, Muhammad Arif Fahrudin. (n.d.). Analisis Indeks Pembangunan Pendidikan Nusa Tenggara Barat 2019 Adia Islami Permono, Boma Karunia Dwi Putra, Mulyadi Alwi, Natasya.Google Scholar

Al-Kariimah, Ghaniya Qalbi, & Rosiana, Dewi. (2019). Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Penyesuaian Diri di Perguruan Tinggi. Google Scholar

Duke, Nell K., Halvorsen, Anne Lise, Strachan, Stephanie L., Kim, Jihyun, & Konstantopoulos, Spyros. (2021). Putting PjBL to the Test: The Impact of Project-Based Learning on Second Graders’ Social Studies and Literacy Learning and Motivation in Low-SES School Settings. American Educational Research Journal, 58(1), 160–200. Google Scholar

Fathy, Rusydan. (2019). Modal sosial: Konsep, inklusivitas dan pemberdayaan masyarakat. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 6(1), 1–17. Google Scholar

Herpratiwi, Herpratiwi, & Sugeng, Widodo. (2021). Penerapan Project Based Learning Berbasis Keterampilan Sosial Mata Pelajaran Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Atas. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Google Scholar

Hutahaean, Jeperson, Purba, Ramen A., Siagian, Yessica, Heriyani, Nofitri, St Amina, H. Umar, Syah, Arridha Zikra, Ardiana, Dewa Putu Yudhi, & Simarmata, Janner. (2021). Pengantar Sistem Informasi Manajemen. Yayasan Kita Menulis. Google Scholar

Insyasiska, Dewi, Zubaidah, Siti, & Susilo, Herawati. (2017). Pengaruh project based learning terhadap motivasi belajar, kreativitas, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 9–21. Google Scholar

Junarti, Junarti, Sukestiyarno, Y. L., Waluya, Stevanus Budi, & Kartono, Kartono. (2019). Peran Skema Penulisan Definisi, Teorema Dan Bukti Dalam Kemandirian Belajar Membuktian Aljabar Abstrak Dengan Pendekatan Top-Down. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 637–645. Google Scholar

Marandika, Derajat Fitra. (2018). Keterasingan Manusia menurut Karl Marx. TSAQAFAH, 14(2), 229–322. Google Scholar

Mulhayatiah, Diah. (2014). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Edusains, 6(1), 17–22. Google Scholar

Najib, Donas Ahmad, & Elhefni, Elhefni. (2016). Pengaruh penerapan pembelajaran bermakna (meaningfull learning) pada pembelajaran tematik IPS terpadu terhadap hasil belajar siswa kelas III di MI Ahliyah IV Palembang. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 2(1), 19–28. Google Scholar

Puspita, Lika, Gushevinalti, Gushevinalti, & Makhrian, Andi. (2014). Interaksi Simbolik Sales Promotion Girl (Suatu Fenomenologi Interaksi Simbolik Pada Sales Promotion Girl Rokok Djarum Di Kota Bengkulu). Universitas Bengkulu. Google Scholar

Rahmat, Pupu Saeful. (2021). Psikologi pendidikan. Bumi Aksara. Google Scholar

Ritzer, George. (2012). Teori Sosiologi: Dari sosiologi klasik sampai perkembangan terakhir postmodern. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 11, 25. Google Scholar

Sjukur, Sulihin B. (2012). Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3). Google Scholar
Published
2021-09-18