Analisis Keputusan Pembelian Secara Online pada Marketplace Tokopedia

  • Marni Dewi Yanti Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta, Indonesia
  • Miguna Astuti Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta, Indonesia
  • Prasetyo Hadi Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian secara online pada marketplace Tokopedia, yang mencakup kualitas pelayanan dan e-word of mouth. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sumber data primer dan sekunder. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang responden yang merupakan pengguna Tokopedia dengan menggunakan teknik non probability sampling dengan cara convenience sampling. Pengumpulan data menggunakan e-kuesioner (google form) yang disebarkan secara online melalui jejaring sosial. Teknik analisis data diolah menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian secara online pada marketplace Tokopedia (2) E-Word of Mouth berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian terhadap Keputusan Pembelian pada marketplace Tokopedia

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 18, 2021
How to Cite
YANTI, Marni Dewi; ASTUTI, Miguna; HADI, Prasetyo. Analisis Keputusan Pembelian Secara Online pada Marketplace Tokopedia. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 6, n. 9, p. 4523-4533, sep. 2021. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/4180>. Date accessed: 22 oct. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i9.4180.