Analisis Keputusan Pembelian Secara Online pada Marketplace Tokopedia

  • Marni Dewi Yanti Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta, Indonesia
  • Miguna Astuti Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta, Indonesia
  • Prasetyo Hadi Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta, Indonesia
Keywords: kualitas pelayanan, e-word of mouth, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian secara online pada marketplace Tokopedia, yang mencakup kualitas pelayanan dan e-word of mouth. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sumber data primer dan sekunder. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang responden yang merupakan pengguna Tokopedia dengan menggunakan teknik non probability sampling dengan cara convenience sampling. Pengumpulan data menggunakan e-kuesioner (google form) yang disebarkan secara online melalui jejaring sosial. Teknik analisis data diolah menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian secara online pada marketplace Tokopedia (2) E-Word of Mouth berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian terhadap Keputusan Pembelian pada marketplace Tokopedia

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afkar, Taudlikhul. (2016). Efektivitas Pengendalian Preventif, Pengendalian Detektif, Dan Pengendalian Represif Terhadap Pencegahan Kecurangan Akuntansi. Majalah Ekonomi, 21(2), 211–225. Google Scholar

Ali, Hasan. (2010). Marketing Dari Mulut Ke Mulut [Word Of Mouth Marketing]. Yogyakarta: Media Presindo. Google Scholar

Assauri, Sofjan, & Dasar, Manajemen Pemasaran. (2017). Konsep Dan Strategi. Pt Rajagrafindo Persada, Jakarta. Google Scholar

Budiono, Agus. (N.D.). Daftar Pustaka. Alma, B Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi V. Alfabeta. Bandung. 391 Hal.6Cahyani, Wiwik, & Sulistyowati, Raya. (2021). Pengaruh Sales Promotion Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Bioskop Melalui Aplikasi Tix Id (Studi Pada Pengguna Aplikasi Tix Id Di Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (Jptn), 9(1), 1055–1061.

Cresswell, J. W. (2017). Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed (Edisi Ketiga). Yogyakarta: Pustaka Belajar. Google Scholar

Husniadi, M. M. (2021). Analisis Kepercayaan Konsumen, Kualitas Pelayanan Dan Keamanan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online Wulan Kokula Selama Masa Covid-19. Jurnal Kebangsaan, 10(20), 52–58. Google Scholar

Joesyiana, Kiki. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekanbaru. Jurnal Valuta, 4(1), 71–85. Google Scholar

Lamidi, Haja Avetoe. (2015). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 15(3), 23487. Google Scholar

Saputra, Irwan Adimas Ganda, Soewarno, Noorlailie, & Isnalita, Nidn. (2019). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Generasi Z Pada Kegiatan Bisnis Berbasis E-Commerce. Jurnal Riset Dan Aplikasi: Akuntansi Dan Manajemen, 4(1), 32–51. Google Scholar

Yanti, Marni Dewi, Astuti, Miguna, & Hadi, Prasetyo. (2021). Nalisis Keputusan Pembelian Secara Online Pada Marketplace Tokopedia. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. Google Scholar
Published
2021-09-18