Pengaruh Aliran Komunikasi Organisasi dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan PT. Kolaborasi Global Sukses/Gowork

  • Mia Sara Universitas Telkom Bandung Jawa Barat, Indonesia
  • Yuliani Rachma Putri Universitas Telkom Bandung Jawa Barat, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, dan mendeskripsikan pengaruh aliran komunikasi organisasi yang ditinjau melalui teori aliran komunikasi organisasi Katz & Kahn dan budaya organisasi PT. Kolaborasi Global Sukses/GoWork yaitu INVENT (Inclusive, Vigorous, Entrepreneurial, Noble, Thankful) terhadap kinerja karyawan di PT. Kolaborasi Global Sukses/GoWork yang diukur dengan menggunakan  konsep pengukuran kinerja  dari Edison, Anwar, dan Komariyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kausalitas dengan pendekatan kuantitatif, menggunakan metode pengumpulan data berupa kuesioner kepada karyawan, lalu diukur dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan hasil bahwa aliran komunikasi organisasi dan budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kinerja karyawan PT. Kolaborasi Global Sukses/GoWork. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pelaksanaan komunikasi serta budaya dalam organisasi agar dapat meningkatkan kinerja. Penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi landasan bagi penelitian-penelitian selanjutnya terutama dalam hal pengukuran aliran komunikasi, budaya organisasi serta kinerja.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 19, 2021
How to Cite
SARA, Mia; PUTRI, Yuliani Rachma. Pengaruh Aliran Komunikasi Organisasi dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan PT. Kolaborasi Global Sukses/Gowork. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 6, n. 9, p. 4548-4566, sep. 2021. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/4189>. Date accessed: 22 oct. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i9.4189.