Budaya Clickbait pada Judul Berita di Era Digital 4.0.

  • Namira Dewi Trustyanda London School of Public Relations (LSPR) Jakarta, Indonesia
  • Cik Ratu Afni Rizki London School of Public Relations (LSPR) Jakarta, Indonesia
  • Quodvultdeus Okto Sri Dhanurwendo London School of Public Relations (LSPR) Jakarta, Indonesia

Abstract

Indonesia merupakan negara yang penduduknya aktif berselancar di internet termasuk untuk mengakses media online yang ada. Salah satu jenis media online yang sering digunakan untuk mendapatkan informasi adalah berita. Namun hal tersebut tidak diimbangi dengan minat membaca para penduduk Indonesia dimana Indonesia berada di posisi dua terbawah dalam survei yang dilakukan oleh Central Connecticut State University pada tahun 2016 terkait World’s Most Literate Nation atau terkait minat membaca di suatu negara. Indonesia menduduki posisi ke 60 dari 61 negara yang disurvei. Media sosial yang salah satu fungsinya sebagai alat penyebaran informasi bisa berdampak negatif jika tidak diiringi dengan minat membaca dari pengguna. Budaya clickbait yang digunakan dalam judul sebuah berita di era digital ini memiliki pro dan kontra. Penelitian ini bertujuan mengetahui memahami budaya clickbait yang diterapkan pada judul berita di Indonesia. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif ini memperoleh data dari literatur-literatur yang mendukung dan observasi atau pengamatan langsung pada media berita online seperti CNN, Line Today, Kompas, dan Kumparan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pro dari clickbait yaitu dapat meningkatkan rasa ingin tahu pembaca yang kemudian secara tidak langsung akan memacu minat membaca dari pengunjung. Kontra dari adanya clickbait yaitu dimungkinkan adanya informasi yang tidak valid jika jurnalis online hanya mementingkan jumlah pengunjung laman tanpa memperhatikan kredibilitas data dari berita yang disajikan. Adanya clickbait secara tidak langsung dapat meningkatkan minat membaca dari pengguna internet di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 18, 2021
How to Cite
TRUSTYANDA, Namira Dewi; AFNI RIZKI, Cik Ratu; SRI DHANURWENDO, Quodvultdeus Okto. Budaya Clickbait pada Judul Berita di Era Digital 4.0.. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 6, n. 9, p. 4601-4611, sep. 2021. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/4190>. Date accessed: 22 oct. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i9.4190.