Budaya Clickbait pada Judul Berita di Era Digital 4.0.

  • Namira Dewi Trustyanda London School of Public Relations (LSPR) Jakarta, Indonesia
  • Cik Ratu Afni Rizki London School of Public Relations (LSPR) Jakarta, Indonesia
  • Quodvultdeus Okto Sri Dhanurwendo London School of Public Relations (LSPR) Jakarta, Indonesia
Keywords: clickbait, judul berita, minat baca, budaya, media sosial

Abstract

Indonesia merupakan negara yang penduduknya aktif berselancar di internet termasuk untuk mengakses media online yang ada. Salah satu jenis media online yang sering digunakan untuk mendapatkan informasi adalah berita. Namun hal tersebut tidak diimbangi dengan minat membaca para penduduk Indonesia dimana Indonesia berada di posisi dua terbawah dalam survei yang dilakukan oleh Central Connecticut State University pada tahun 2016 terkait World’s Most Literate Nation atau terkait minat membaca di suatu negara. Indonesia menduduki posisi ke 60 dari 61 negara yang disurvei. Media sosial yang salah satu fungsinya sebagai alat penyebaran informasi bisa berdampak negatif jika tidak diiringi dengan minat membaca dari pengguna. Budaya clickbait yang digunakan dalam judul sebuah berita di era digital ini memiliki pro dan kontra. Penelitian ini bertujuan mengetahui memahami budaya clickbait yang diterapkan pada judul berita di Indonesia. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif ini memperoleh data dari literatur-literatur yang mendukung dan observasi atau pengamatan langsung pada media berita online seperti CNN, Line Today, Kompas, dan Kumparan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pro dari clickbait yaitu dapat meningkatkan rasa ingin tahu pembaca yang kemudian secara tidak langsung akan memacu minat membaca dari pengunjung. Kontra dari adanya clickbait yaitu dimungkinkan adanya informasi yang tidak valid jika jurnalis online hanya mementingkan jumlah pengunjung laman tanpa memperhatikan kredibilitas data dari berita yang disajikan. Adanya clickbait secara tidak langsung dapat meningkatkan minat membaca dari pengguna internet di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditiawarman, Mac. (2019). Hoax Dan Hate Speech Di Dunia Maya (Vol. 1). Lembaga Kajian Aset Budaya Indonesia Tonggak Tuo. Google Scholar

Cresswell, J. W. (2017). Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed (Edisi Ketiga). Yogyakarta: Pustaka Belajar. Google Scholar

Juditha, Christiany. (2018). Access To Search And Dissemination Of Information On Government About Communication And Informatics By Society In South Sulawesi-Akses Pencarian Dan Penyebaran Informasi Tentang Pemerintah Bidang Komunikasi Dan Informatika Oleh Masyarakat Di Sulawesi Sela. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 21(1), 123643. Google Scholar

Kaplan, Andreas, & Haenlein, Michael. (2014). Collaborative Projects (Social Media Application): About Wikipedia, The Free Encyclopedia. Business Horizons, 57(5), 617–626. Google Scholar

Kementerian Komunikasi Dan Informatika. (2017). Survey Penggunaan Tik, Penggunaan Media Sosial Oleh Individu. Dalam Jurnal Kementrian Komunikasi Dan Informatika, Pusat Penelitian Dan Pengembangan Aplikasi Informatika Dan Informasi Dan Komunikasi Publik. Badan Penelitian Dan Pengembangan Sdm Hal 40. Google Scholar

Kusumawardani, Qurani Dewi. (2019). Perlindungan Hukum Bagi Pengguna Internet Terhadap Konten Web Umpan Klik Di Media Online. Jurnal Penelitian Hukum De Jure, 19(1), 11–30. Google Scholar

Members, Authors/Task Force, Camm, A. John, Lip, Gregory Y. H., De Caterina, Raffaele, Savelieva, Irene, Atar, Dan, Hohnloser, Stefan H., Hindricks, Gerhard, Kirchhof, Paulus, & (Cpg), E. S. C. Committee For Practice Guidelines. (2012). 2012 Focused Update Of The Esc Guidelines For The Management Of Atrial Fibrillation: An Update Of The 2010 Esc Guidelines For The Management Of Atrial Fibrillation Developed With The Special Contribution Of The European Heart Rhythm Association. European Heart Journal, 33(21), 2719–2747. Google Scholar

Rahadi, Dedi Rianto. (2017). Perilaku Pengguna Dan Informasi Hoax Di Media Sosial. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 58–70. Google Scholar

Rumata, Vience Mutiara. (2017). Perilaku Pemenuhan Dan Penyebaran Informasi Publik Bagi Masyarakat Kota Dan Desa. Jurnal Penelitian Komunikasi, 20(1), 91–106. Google Scholar

Sidkiah, Balqis. (2020). Informasi Hoax Dan Perilaku Pengguna Media Sosial Perspektif Netizen. Iain Jember. Google Scholar

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, Dan R&D. Penerbit Cv. Alfabeta: Bandung. Google Scholar

Syafieq, Ahmad. (2018). Penggunaan Umpan Klik Pada Judul Berita Untuk Menarik Minat Pembaca. Uniska. Google Scholar
Published
2021-09-18