Pengaruh Komunikasi Interpersonal Costumer Service terhadap Kepuasan Pelanggan pada Layanan Jasa Telkomcel PT. Telekomunikasi Indonesia International di Timor Leste
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh komunikasi interpersonal customer service mempengaruhi kepuasan pelanggan pada layanan jasa PT. Telekomunikasi Indonesia International (Timor Leste) Telkomcel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami besarnya dampak komunikasi interpersonal pada kepuasan pelanggan Layanan jasa PT. Telekomunikasi Indonesia Internasional (Timor Leste) Telkomcel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif. untuk pengambilan sampel mengunakan jenis metode propability sampling jenis simple random sampling.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana dilakukan untuk menganalisis data. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal berpengaruh baik dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Telekomunikasi Indonesia International (Timor Leste) Telkomcel, demikian temuan studi tersebut, Nilai koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 63,52% sedangkan sisanya 36,48% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Downloads
References
Kualitas Sistem Informasi Akuntansi Dan Dampaknya Pada Kualitas
Informasi Akuntansi (Studi Pada Pt. Telekomunikasi Indonesia International
(Timor Leste), S. A Telkomcel). Skripsi. Telkom University Bandung.
Google Scholar
Hilma Maulida. (2021). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Customer Loyalty
Pada Aplikasi Linkaja Melalui E-Customer Satisfaction Sebagai Variabel
Intervening. Skripsi Skripsi Telkom University Bandung. Google Scholar
Veronica De Fatima De Araujo. (2019). Pengaruh Komunikasi Interpersonal
Customer Service Terhadap Kepuasan Pelanggan Layanan Jasa Pos Di
Kantor Pos Bandung Jalan Asia Afrika. Skripsi. Telkom University
Bandung. Google Scholar
Hardiyanti, Oktaviani. (2016). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Customer
Service Terhadap Kepuasan Nasabah Bankaltim Syariah Cabang Pembantu
Juanda Samarinda. E-Jurnal Ilmu komunikasi vol: 4 no 3. Google Scholar
Enggarayu Weningtyas, Miftahun Ni’mah Suseno, (2012) Pengaruh Komunikasi
Interpersonal Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen,
Journal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, Vol. 26, Iss. Google Scholar
Weitz, B.A. & Levy, M. (2000). Retailing Management. The McGraw-Hill
Companies, Inc. Google Scholar
Arni, Muhammad. (2005). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara. Google
Scholar
Nazir, Mohammad (2011). Metode penelitian. Jakarta: ghalia Indonesia. Google
Scholar
Sugiyono (2014). Metode penelitian bisnis, bandung: Alfabeta Sugiyono. 2015.
Google Scholar
Sujarweni, Wiratna (2015). SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru
Press. Google Scholar
Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. bandung: Alfabeta. Google Scholar
Alfabeta Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan
Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta. Google Scholar
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. CV. Alfabeta:
Bandung. Google Scholar
Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. bandung: Alfabeta.
Google Scholar
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta. Google Scholar
Sunyoto, D. (2011). Analisis regresi dan uji hipotesis. Yogyakarta: Caps. Google
Scholar
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. CV. Alfabeta:
Bandung. Google Scholar
Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS
19 (edisi kelima). Semarang: Universitas Diponegoro. Google Scholar
Cyrus R. Mehta and Nitin R. Patel, (2015). IBM SPSS Exact Tests IBM SPSS Exact
Tests.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian. Yogyakarta: Group Penerbitan CV Budi Utama.
Copyright (c) 2022 Emiliano Gusmao da Costa e Silva
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.