Terpaan Publikasi Greener Day pada Akun Instagram @Starbucksindonesia dan Wom Terhadap Citra Merek

  • Ifkaristhy Panaya Purba STIKOM InterStudi, Jakarta Indonesia
  • Neni Yulianita Universitas Islam Bandung (UNISBA) Jawa Barat, Indonesia
  • Kinkin Yuliaty Subarsa Putri Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Indonesia
  • Poppy Ruliana STIKOM InterStudi, Jakarta Indonesia
Keywords: Terpaan Publisitas, Instagram, World of Mouth, Citra Merek

Abstract

Industri food and beverage mengalami kenaikan signifikan yang berdampak pada persaingan bisnis yang ketat. Salah satunya adalah Starbucks Indonesia, strateginya dalam memenangkan pasar adalah dengan menciptakan citra merek positif melalui terpaan media publikasi pada akun Instagram @starbucksindonesia. Tujuan studi ini yakni mengetahui apakah terdapat pengaruh dari terpaan publikasi greener day melalui posting instagram pada akun @starbucksindonesia dan word of mouth terhadap citra merek Starbucks Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode studi kepustakaan, observasi dan kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden. Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, z, analisis linear berganda dan uji hipotesis, koefisien determinasi. Hasilnya terdapat pengaruh secara signifikan antara terpaan publisitas (XI) dan WOM (X2) terhadap citra merek (Y) secara masing-masing bertanda positif (0,289) dan (0,016) memiliki nilai signifikan 0,000 yang kurang dari 0,05. Keduanya juga mempengaruhi citra merek secara bersamaan terbukti dari hasil analisis pada nilai koefisien determinan regresi linear berganda pada tabel di atas diperoleh nilai R2) menunjukkan 0,989 atau sebesar 98,9%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-18