M, Pengaruh PENGARUH LABEL HALAL DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI ALFAMART
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh label halal terhadap minat beli konsumen di Alfamart Megu Cirebon. (2) pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat beli konsumen di Alfamart Megu Cirebon. (3) pengaruh label halal dan kualitas pelayanan terhadap minat beli konsumen di Alfamart Megu Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja di Alfamart setiap bulannya yang mencapai 900 orang. Pengambilan sampel sebanyak 30 responden dengan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda yang sebelumnya dilakukan uji asumsi yaitu uji normalitas, uji linieritas, uji multikolonieritas, uji heterokedasitas. Hasil penelitian ini menunjukan : 1) label halal berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli konsumen dibuktikan dengan nilai koefisien regresi positif sebesar 0,663 nilai thitung sebesar 4,113 pada signifikansi 0,000 ; 2) kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli konsumen dibuktikan dengan nilai koefisien regresi positif sebesar 0,424, nilai thitung sebesar 3,933 pada signifikansi 0,001 ; serta 3) label halal dan kualitas pelayanan secara bersama – sama berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli konsumen dibuktikan dengan nilai R yang positif sebesar 0,746, R2 0,556 dan nilai F hitung sebesar 16,906 pada signifikansi 0,000.
Kata Kunci : Label Halal, Kualitas Pelayanan, Minat Beli konsumen