Analisis Strategi Rumah Sakit dalam Menghadapi Era BPJS Kesehatan

  • Andika Wahyu Wijayanto Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang, Indonesia
  • Mahfudz Mahfudz Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang, Indonesia
Keywords: efisiensi, efektivitas, kualitas layanan, keunggulan kompetitif, strategi, kinerja rumah sakit

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efek dari total kepemilikan saham institusional, jumlah rapat bersama dewan dengan pemberlakuan "BPJS Kesehatan" pada tahun 2014 dengan Sistem Pembayaran Prospektif, tidak lagi dengan Sistem Biaya Untuk Layanan, telah menuntut rumah sakit untuk dapat melayani perawatan pasien secara efisien sehubungan dengan kualitas pengobatan dan keselamatan pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara tarif klaim BPJS Kesehatan (calon pembayaran) dengan tarif rumah sakit (restropective payment/fee for service), dan mengetahui bagaimana strategi rumah sakit Panti Rahayu dalam menghadapi perubahan sistem pembayaran, sehingga tidak terjadi perbedaan negatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien BPJS Kesehatan yang dirawat di rumah sakit Panti Rahayu, sedangkan sampel yang diambil dirawat di rumah sakit pasien BPJS Kesehatan yang dirawat sesuai kelas pada tahun 2019. Hasilnya menunjukkan bahwa ada perbedaan antara tingkat klaim BPJS Kesehatan dengan tarif rumah sakit Panti Rahayu. Sehingga diperlukan strategi dalam menangani masalah tersebut, dengan menjaga loyalitas pasien, menjaga hubungan baik dengan BPJS Kesehatan, menjaga keunggulan rumah sakit, pembentukan tim casemanager, casemix dan anti fraud, sehingga perbedaan negatif dalam pengobatan pasien BPJS Kesehatan dapat dihindari.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-11-17