Pemilihan Lokasi Pusat Distribusi PT. Wahana Lentera Raya Menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP)
Abstract
PT Wahana Lentera Raya merupakan salah satu industri yang bergerak pada bidang furnitur yang memiliki ruang lingkup pasar yaitu nasional dan internasional. Meningkatnya permintaan pasar akan furnitur pada masing -masing area menyebabkan pusat distribusi yang ada tidak maksimal dalam melakukan penyaluran barang. Sehingga perlu adanya pengembangan terhadap pemilihan lokasi pusat distribusi agar barang diterima oleh pelanggan secara tepat waktu. Oleh karena itu PT Wahana Lentera Raya melakukan pengambilan keputusan pusat distribusi dengan beberapa kriteria menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP). Hal ini bertujuan untuk mengambil keputusan terhadap alternatif yang akan dipilih oleh pengambil keputusan dengan efektif. Data pada awal penelitian ini dikumpulkan menggunakan penyebaran kuesioner AHP kepada 30 responden untuk mencari alternatif lokasi yang sudah ditentukan, kemudian dilanjutkan dengan Focus Group Discussion (FGD) untuk mendiskusikan hasil kuesioner dan akhirnya memutuskan bobot secara kolaboratif. Hasil yang diperoleh prioritas proses kualifikasi adalah kota Pekalongan dengan bobot tertinggi, kriteria Pasar dan Biaya menjadi parameter penilaian ini, disusul kota Solo dan kota Semarang. Dan Ketika dilakukan pengujian sensitifitas terhadap hasil akhir, dapat disimpulkan bahwa rangking alternatif tersebut konsisten atau tidak sensitif terhadap perubahan nilai
Downloads
Copyright (c) 2021 Antonius Cahyono, Moses Laksono Singgih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.