UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA KOMPUTER MELALUI PELATIHAN DI SMP N 2 KAPETAKAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam penggunaan media komputer melalui pelatihan. Subjek penelitian ini, yaitu guru kelas dan guru bidang studi SMPN 2 Kapetakan yang berjumlah 36 orang. Penelitian ini dilaksanakan selama 4 bulan pada semester 1 dari bulan September sampai dengan bulan Desember tahun 2014, yang dilakukan setiap hari Sabtu. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan tes, observasi, dan catatan lapangan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Prosedur pelaksanaan tindakan terdiri atas empat tahap, yaitu: 1 perencanaan, 2 pelaksanaan tindakan, 3 pengamatan, dan 4 refleksi. Keempat tahap tersebut merupakan sebuah siklus yang berlangsung secara berulang. Adapun model pelatihan yang digunakan sebagaimana yang diungkapkan oleh Goad, yang meliputi analisis kebutuhan pelatihan, desain pendekatan pelatihan, pengembangan materi pelatihan, pelaksanaan pelatihan, dan evaluasi dan pemutakhiran pelatihan. Untuk mengukur peningkatan kemampuan guru dalam penggunaan media komputer digunakan Uji Signifikasi (Uji-t pada siklus 1 dan siklus 2.) Berdasarkan hasil perhitungan data kuantitatif menunjukkan kemampuan guru dalam penggunaan media komputer melalui pelatihan terdapat perbedaan yang signifikan antara siklus 1 dengan siklus 2, yaitu diperoleh thitung = 16,3529 lebih besar daripada ttabel = 2,042, dengan =0,05. Dengan demikian, hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat peningkatan kemampuan guru sebelum dan sesudah diberikan tindakan.
Kata Kunci: Kemampuan Guru, Media Komputer dan Pelatihan