Efektifitas Pembelajaran Di STT Tabernakel Indonesia Semester Genap 2019-2020 pada Masa Pandemi Covid-19

  • Kasieli Zebua Sekolah Tinggi Teologi (STT) Tabernakel, Indonesia
Keywords: pengaruh, virtual online, efektifitas, pembelajaran, pandemi COVID-19

Abstract

Pelaksanaan perkuliahan tatap muka sebagaimana diatur dalam Standar Pendidikan Nasional Tinggi di STT Tabernakel Indonesia pada semester genap 2019-2020 secara tiba-tiba berubah menjadi perkuliahan online akibat pandemi COVID-19. Oleh sebab itu permasalahan dalam penelitian ini berusaha mengetahui pengaruh media vitrual online terhadap efektifitas pembelajaran di STT Tabernakel Indonesia  semester genap 2019-2020 pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa S1 STT Tabernakel Indonesia Surabaya. Adapun jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif dengan menggunakan instrumen kuesioner. Analisis data dilakukan melalui uji validitas, reliabilitas, hipotesis serta deskripsi data hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil  uji hipotesis menggunakan analisis regresi menunjukkan bahwa besarnya nilai koefisien (R) yaitu sebesar 0,807 > nilai rtabel 0,2573, dengan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,651 (65,1%). Juga hasil uji hipotesis diperoleh nilai t-statistik (thitung 1,697 >  ttabel 1,684) dan nilai signifikan 0,000 < 0,5. Dengan demikian terdapat pengaruh signifikan pengaruh media vitrual online (variabel X) terhadap efektifitas pembelajaran (variabel Y) di STT Tabernakel Indonesia semester genap 2019-2020 pada masa pandemi COVID-19

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-11-21