Pengaruh Social Media Marketing Activities Terhadap Customer Loyalty Melalui Value Equity, Brand Equity, dan Relationship Equity
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media marketing activity terhadap customer loyalty melalui variabel perantara (mediator) yang terdiri dari value equity, brand equity, dan relationship equity. Penelitian ini dilakukan terhadap nasabah produk Pegadaian Tabungan Emas PT Pegadaian (Persero) di wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat yang merupakan follower dan fans akun instagram PT Pegadaian (Persero), dan melakukan transaksi penambahan nominal pada Pegadaian Tabungan Emas dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey yang dilakukan terhadap 161 responden, yaitu follower dan fans akun Instagram PT Pegadaian (Persero) yakni @sahabatpegadaian yang melakukan penambahan nominal pada Pegadaian Tabungan Emas mereka. Penelitian ini menganalisis pengaruh Social Media Marketing Activities terhadap Value Equity, pengaruh Social Media Marketing Activities terhadap Brand Equity, pengaruh Social Media Marketing Activities terhadap Relationship Equity, pengaruh Social Media Marketing Activities terhadap Customer Loyalty, pengaruh Value Equity terhadap Customer Loyalty, pengaruh Brand Equity terhadap Customer Loyalty, dan pengaruh Relationship Equity terhadap Customer Loyalty. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan SEM-PLS. Hasil analisis menunjukkan Social Media Marketing Activities berpengaruh positif terhadap Value Equity, Social Media Marketing Activities berpengaruh positif terhadap Brand Equity, Social Media Marketing Activities berpengaruh positif terhadap Relationship Equity, Social Media Marketing Activities tidak menunjukkan pengaruh secara langsung terhadap Customer Loyalty, Social Media Marketing Activities berpengaruh positif melalui Value Equity, Brand Equity, dan Relationship Equity terhadap Customer Loyalty, Value Equity berpengaruh positif terhadap Customer Loyalty, dan Brand Equity berpengaruh positif terhadap Customer Loyalty, dan Relationship Equity berpengaruh positif terhadap Customer Loyalty
Downloads
Copyright (c) 2021 Melvayanti Situmorang, Fatimah Muchtar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.