Implementasi Metode Diferensiasi dalam Refleksi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Abstract
Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menyiapkan generasi yang berilmu dan beramal. Oleh karena itu, mata pelajaran Pendidikan Agama Islam wajib dilaksanakan oleh setiap satuan pendidikan. Pendidikan Agama Islam kerap kali dianggap menjadi mata pelajaran formalitas yang diikuti oleh siswa, karena metode yang digunakan dalam pembelajaran sangat membosankan. Diferensiasi merupakan salah satu metode yang efektif untuk digunakan dalam proses belajar di kelas. Diferensiasi akan memberikan ruang kepada siswa untuk mengekspresikan dirinya. Diferensiasi juga memberikan pengaruh terhadap hasil refleksi siswa di SD Islam Al Jabr. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana implementasi metode diferensiasi dalam refleksi pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif yang berupa studi kasus di Sekolah Dasar Islam Al Jabr Jakarta. Dalam mengumpulkan data penelitian, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa melalui metode diferensiasi, siswa menjadi lebih antusias dan bersemangat dalam mengerjakan refleksi Pendidikan Agama Islam. Media apapun yang digunakan oleh siswa dalam mengerjakan refleksi, pada akhirnya tujuannya sama, yaitu menjadikan Pendidikan Agama Islam menjadi pelajaran yang menyenangkan yang berdampak dalam membentuk karakter siswa sesuai Al-quran dan Hadits
Downloads
Copyright (c) 2021 Muhamad Saprudin, Nurwahidin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.