PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BPR BKK TAMAN CABANG MOGA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemasaran hubungan
terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan sebagai variabel intervening
secara bersamaan atau secara parsial. Dalam penelitian ini menggunakan sampel
100 responden yang sebagian dari PD BPR BKK Taman Cabang Moga. Sampel
yang digunakan adalah distribusi sampling dan teknik purposive sampling. Adapun
pengujian dalam penelitian ini dilakukan dengan analisis uji statistik deskriptif,
regresi linier berganda, analisis jalur dan uji hipotesis pada uji t dan uji F serta
koefisien determinasi.Untuk menguji hipotesis digunakan t test secara parsial,
dalam memperoleh nilai t hitung untuk variabel obligasi keuangan (X1) sebesar
4,646, social bond (X2) sebesar 3,471, structural bond (X3) sebesar 2,200 untuk
kepuasan pelanggan dengan kriteria ttabel sama. ke 1,984. Dan nilai thitung untuk
variabel obligasi keuangan (X1) sebesar 3,165, social bond (X2) sebesar 4,035,
structural bond (X3) 3,761 kepuasan pelanggan (X4) 4,700 terhadap loyalitas
pelanggan dengan kriteria ttabel sebesar 1,984. Dari hasil F diperoleh Fhitung
sebesar 30,056 dan 49,849. Koefisien Determinan (R2) sebesar 48,4% yang berarti
bahwa keuangan, sosial, struktural untuk kepuasan pelanggan sedangkan sisanya
51,6% dan 67,7% yang berarti bahwa keuangan, sosial, struktural, kepuasan
pelanggan terhadap loyalitas pelanggan sementara sisanya 32,3% dipengaruhi
oleh variabel di luar model penelitian ini.
Kata Kunci : Loyalitas Konsumen, Relationship Marketing, dan Kepuasan Nasabah.