ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI PADA DEALER COMAL ABADI MOTOR TAMAN-PEMALANG

  • Tri Handayani
  • Santi Suciningtyas

Abstract

Penelitian ini berjudul, “Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli
Pada Dealer Comal Abadi Motor Taman-Pemalang”. Data dalam penelitian ini
dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dan diimplementasikan kepada 100
responden di Dealer Comal Abadi Motor Taman Pemalang. Alat analisis yang
digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi
linier berganda, serta pengujian hipotesis yaitu uji t, uji F dan uji koefisien
determinan. Dengan analisis regresi linier berganda pada penelitian ini diperoleh
hasil b1=-0,204 menunjukan pengaruh negatif variabel pandangan iklan / visibility
(X1) terhadap minat beli (Y), b2=0,960 menunjukan pengaruh positif variabel
kredibilitas iklan / credibility (X2) terhadap minat beli (Y), b3=-0,679 menunjukan
pengaruh negatif variabel daya tarik iklan / attraction (X3) terhadap minat beli (Y),
b4=0,596 menunjukan pengaruh positif variabel kekuatan iklan / power (X4)
terhadap minat beli (Y) dan b5=0,288 menunjukan pengaruh positif variabel dan
kesadaran merek / brand awareness (X5) terhadap minat beli (Y). Untuk hasil
pengujian hipotesis secara parsial dengan menggunakan uji t, diperoleh thitung
untuk variabel pandangan iklan / visibility (X1) sebesar -1,925, variabel
kredibilitas iklan / credibility (X2) sebesar 5,271, variabel daya tarik iklan /
attraction (X3) sebesar -3,885, variabel kekuatan iklan / power (X4) sebesar 6,205
dan variabel kesadaran merek / brand awareness (X5) sebesar 4,393 dengan ttabel
sebesar 1,984 berarti thitung ttabel yang berarti secara parsial variabel kredibilitas
iklan / credibility, daya tarik iklan / attraction, kekuatan iklan / power, dan
kesadaran merek / brand awareness berpengaruh terhadap minat beli sedangkan
variabel pandangan iklan / visibility tidak berpengaruh terhadap minat beli. Untuk
uji simultan atau bersama-sama digunakan uji F dan diperoleh nilai Fhitung sebesar
31,122 dimana nilai ini lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 2,31 dengan nilai
signifikan 0,000 jauh lebih kecil dari 0,05. Sedangkan untuk hasil analisis koefisien
determinan (R2), diperoleh nilai R Square sebesar 0,623 atau 62,3% menunjukan
bahwa variabel minat beli secara bersama-sama dipengaruhi oleh kelima variabel
independen sedangkan sisanya 0,377 atau 37,7% dipengaruhi variabel lain yang
tidak terdapat dalam model persamaan tersebut.
Kata Kunci : Pandangan Iklan, Kredibilitas Iklan, Daya Tarik Iklan, Kekuatan
Iklan, Kesadaran Merek, dan Minat Beli

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-28