ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN
Abstract
Salah satu permasalahan penjualan produk di suatu toko adalah lokasi kurang
strategis, kurangnya promosi penjualan, perbedaan harga produk yang terlalu
besar dan ketersediaan produk. Hal ini menjadi penggerak untuk melakukan
penelitian dengan harapan dapat mengetahui cara pemasaran (marketing) yang
baik dan dapat mempengaruhi tingkat penjualan. Selain itu, penelitian ini juga
untuk mengetahui pengaruh strategi marketing pada tingkat penjualan. Analisis ini
dirasakan penting digunakan mengingat pentingnya mengetahui bagaimana cara
meningkatkan volume penjualan. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan
penelitian kuantitatif. Data diambil menggunakan angket yang disebarkan
sebanyak 100 responden serta volume penjualan diambil dari struk pembelian atau
data pembelian dibagian informasi/kasir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
strategi pemasaran Alfamart Cabang Losari 58,70% responden menyatakan baik,
sedangkan 41,30% responden menyatakan tidak baik maupun tidak tahu mengenai
cara yang diterapkan oleh Alfamart tersebut. Hal ini menggambarkan bahwa lebih
dari 50% responden mengetahui strategi dan cara yang diterapkan oleh Alfamart
Cabang Losari. Volume penjualan Alfamart Cabang Losari rata-rata adalah 55,29
dalam ribuan rupiah dan juga strategi pemasaran mempengaruhi secara positif
pada tingkat besaran volume penjualan pada Alfamart Cabang Losari. Besarnya
pengaruh strategi pemasaran bisa berpengaruh pada volume penjualan adalah
54,02% sedangkan persamaan regresi yang dapat dibentuk adalah Volume
Penjualan = 1,60 Strategi Pemasaran. Volume penjualan dapat meningkat atau
bertambah ketika strategi dan cara marketing atau pemasarannya semakin baik.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Volume Penjualan