Usability Testing Platform Penjualan Sayur Online Di Kota Makassar Di Masa Covid 19
Abstract
Pandemi Covid 19 telah mengubah pola aktivitas masyarakat di Indonesia khususnya di Kota Makassar. Demi kesehatan dan physical distancing untuk menekan pertumbuhan virus Covid 19 pemerintah memberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Tren berbelanja online meningkat lebih dari 50% selama pandemi, sehingga kehadiran Platform digital sangat membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari (BPS, 2020). Kota Makassar sebagai salah satu kota besar di Indonesia juga merasakan dampak dari pandemi Covid 19, digitalisasi sangat membantu di masa seperti ini. Membeli kebutuhan sehari – hari melalui Platform digital baik berbasis website, aplikasi mobile maupun messanger. Ada pengaruh positif antara kemasan produk, kualitas produk, kualitas website, konten informasi, keanekaragaman, serta kemudahan transaksi terhadap kepuasan konsumen membeli sayur online (Sakoikoi dan Priyanto, 2019). Berkat fenomena ini, perlu dilakukan penelitian tentang pengalaman pengguna menggunakan Platform penjualan sayur berbasis online menggunakan Usability Testing. dengan demikiandapat diketahui bagaimana pengalaman pengguna menggunakan platform tersebut sehingga dapat menjadi sebuah rujukan baru untuk startup dan pengelola E-commerce agrikultur di Kota Makassar. Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dimana ingin mengetahui tingkat usability platform aplkasi Panganku dengan USE Questionnarie. Dari penelitian ini didapatkan bahwa variabel usability yaitu Usefullness, Ease of Use dan Ease of Learning berpengaruh terhadap kepuasan pengguna menggunakan usability testing
Downloads
Copyright (c) 2021 Fadliyani Nawir, Budhi Krisnanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.