Peran Pricing Capability dalam Revenue Management Practice Studi pada Hotel di Kawasan Ubud pada Masa Pandemi Covid 19

  • I Gusti Agung Gede Witarsana Politeknik Pariwisata Bali
Keywords: Revenue Management;, produk;, Pricing Capability

Abstract

Produk utama yang ditawarkan adalah penyediaan tempat beristirahat dengan memadukan berbagai layanan seperti makanan minuman dan layanan lainnnya yang memasukan unsur keramah tamahan. Salah satu jenis jasa akomodasi yang kita kenal adalah hotel. penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peranan Pricing Capability dalam Revenue Management Practice dan mengidentifikasi penerapan atau implementasi Pricing Capability dalam Revenue Management Practice. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara. Teknik dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif digunakan untuk mengupas data yang didapatkan kemudian dinarasi kedalam deskriptif sesuai indikator yang dijadikan referensi dalam literatur acuan. Hasil penelitian ini menunjukkan Proses Total Revenue Management menjadi salah satu solusi, total revenue management merupakan proses upaya peningkatan pendapatan dengan mengalokasikan penjualan pada segala lini yang bisa menghasilkan pendapatan selain kamar. Penjualan produk food & beverage yang dikombinasikan dengan produk hotel lainuya seperti kolam renang, spa, ataupun guest activity lainnya menjadi salah satu cara untuk menambah pendapatan hotel di masa pandemic ini. Banyak hotel yang membuat swimming package, halfday stay experience, spa package untuk bisa meningkatkan pendapatan mereka.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-11-27