Analisis Kebutuhan Komik Matematika (Komika) Bernuansa Eksplorasi Kota
Abstract
Proses belajar dengan media yang penuh gambar, warna, dan cerita yang tidak membosankan dapat dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran berupa komik matematika (KOMIKA). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi mengenai kebutuhan media yang benar-benar dibutuhkan oleh siswa. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan metode survei. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket yang disebarkan pada siswa SMPN 12 Muaro Jambi kelas VII A – VII E. Hasil yang diperoleh dari hasil survei mengenai angket kebutuhan ialah 70,3% siswa kurang memahami materi hanya dengan buku paket matematika, 76,6% siswa menyatakan sangat membutuhkan media buku tambahan untuk pemahaman materi, 60,9% menyatakan sangat membutuhkan media buku matematika dengan nuansa yang berbeda seperti tampilan adanya banyak gambar, warna, dan sedikit tulisan, 76,6% siswa menginnginkan jenis media buku matematika yang menyajikan rumus disertai dengan adanya gambar, warna, dan percakapan. Selain itu hasil survei menunjukkan bahwa siswa sangat menyukai buku komik dengan persentase 60,9%, dengan 75% tema mengekplor keindahan kota. Pengembangan media komik matematika ini sangat memperhatikan kebutuhan yang di inginkan oleh siswa dengan menyajikan adanya cerita yang bertema mengekplor kota Jambi, gambar dan warna yang sesuai dengan ikon Jambi, dan dilengkapi dengan rumus dan penjelasan materi yang menarik.
Downloads
Copyright (c) 2021 Ani Harmini, Mohammad Asikin, Amin Suyitno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.