Implementasi Manajemen Pembelajaran Membaca Al-Qur’ān Metode Al-Tartīl dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’ān di SDN Kepanjen 2 Jombang

  • Khusnul Auliyah Universitas Pesantren Tinggi (Unipdu) Jombang, Indonesia
  • Suwarno Suwarno Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Takengon, Indonesia
Keywords: manajemen, pembelajaran, membaca al-qur’ān, metode al-Tartīl

Abstract

Pembelajaran membaca al-Qur’Än yang baik membutuhkan sebuah sistem yang mampu menjamin mutu setiap anak atau orang yang belajar membaca al-Qur’Än. Sistem belajar yang tidak terencana dengan baik dan berkesinambungan, tidak akan banyak memberikan banyak pengetahuan dan kemampuan membaca dan memahami al-Qur’Än bagi anak di kemudian hari, oleh karena itu perlu adanya manajemen pembelajaran al-Qur’Än. Penelitian ini bertujuian untuk mendeskripsikan perencanaan manajemen pembelajaran membaca al-Qur’Än metode al-TartÄ«l di SDN Kepanjen 2 Jombang, mendeskripsikan tentang pelaksanaan manajemen pembelajaran membaca al-Qur’Än metode al-TartÄ«l di SDN Kepanjen 2 Jombang, serta mendeskripsikan tentang evaluasi pembelajaran membaca al-Qur’Än metode al-TartÄ«l. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisa data menurut Menurut Miles & Huberman analisis terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian, Pada tahap perencanaan pembelajaran al-Qur’Än terlebih dahulu dilaksanakan dengan pengorganisasian melalui rapat yang melibatkan seluruh stekholder, termasuk wali murid. Pada tahap pelaksanaan manajemen pembelajaran al-Qur’Än metode al-TartÄ«l terdapat 3 tahapan dalam pembelajaran al-Qur’Än metode al-TartÄ«l di SDN Kepanjen 2 Jombang, yakni meliputi, Pembukaan, Pelaksanaan pembelajaran (penerapan metode jabaraÄ«l (3 M)), Evaluasi. Pada pelaksanaan evaluasi pembelajaran al-TartÄ«l di SDN Kepanjen 2 Jombang terdapat 2 evaluasi yaitu siswa dan guru, untuk  tahapan evaluasi bagi siswa, terdapat 2 tahapan evaluasi yaitu, tes kenaikan jilid, di uji oleh guru kelas dan munaqasyah, di uji oleh BMQ al-TartÄ«l cabang Jombang. Sedangkan untuk evaluasi bagi guru juga terdapat 2 macam evaluasi, yaitu temu guru al-Qur’Än SDN Kepanjen 2 Jombang setiap bulan sekali dan temu guru al-Qur’Än se kabupaten Jombang setiap satu bulan sekali

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-11-29