Pengaruh Kualitas Pelayanan Kampus dan Kinerja Dosen Pendidikan Agama Islam dalam Mengelola Kegiatan Belajar Mengajar terhadap Kepuasan Mahasiswa

  • Muslimin Muslimin Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
Keywords: Pengaruh, Kualitas, Pelayanan, Belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai keterkaitan antara variabel bebas yaitu; kualitas pelayanan (X1) dan kinerja dosen dalam mengelola kegiatan belajar (X2) dengan variabel terikat yaitu kepuasan mahasiswa (Y) di Program Studi Kesehatan Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes)  Cirebon Provinsi Jawa Barat, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Kesehatan Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes)  Cirebon Provinsi Jawa Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes)  Cirebon Provinsi Jawa Barat yang berjumlah 163 orang.  Sampel diambil sebanyak 50 orang mahasiswa yang diambil dari populasi yang ada.  Sampel dipilih dengan teknik acak berimbang. Dalam penelitian ini terdapat tiga kesimpulan pokok, yaitu (1) terdapat pengaruh positif kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes)  Cirebon Provinsi Jawa Barat. (2) terdapat pengaruh positif kinerja dosen dalam mengelola kegiatan belajar terhadap kepuasan mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes)  Cirebon Provinsi Jawa Barat. (3) terdapat pengaruh positif kualitas pelayanan dan kinerja dosen dalam mengelola kegiatan belajar secara bersama-sama terhadap kepuasan mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes)  Cirebon Provinsi Jawa Barat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-07-01