PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN BERBASIS PAKEM MELALUI PEER TEACHING DALAM MGMP SISTEM SEL DI SUB RAYON 5 KABUPATEN CIREBON

  • Yusup .

Abstract

Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) merupakan bentuk evaluasi pelaksanaan
kegiatan pembelajaran di sekolah bagi seorang pembina. Pembina yang dalam hal
ini sekaligus sebagai peneliti sendiri menyusun PTS dengan maksud meningkatkan
kemampuan maupun kompetensi guru di sekolah. Peningkatan profesionalitas
dalam mengelola pembelajaran yang menggunakan basis PAKEM melalui model
pembelaran peer teaching. Dalam MGMP sistem SEL Objek yang diambil adalah
guru Bahasa Indonesia pada sekolah di sub rayon 5 yaitu SMP Negeri 1 Gunung
Jati Kabupaten Cirebon. Prosedur atau mekanisme pelaksanaan penelitian ini
dengan penelitian tindakan sekolah, dengan metode siklus. Peneliti akan
menggunakan tiga siklus, dimana di dalam setiap tahapan siklus terdiri dari empat
kegiatan pokok. Hal tersebut diantaranya adalah perencanaan, pelaksanaan
kegiatan, refleksi serta evaluasi/revisi. Adapun hasil dari penelitian yang dilakukan
adalah perlunya menentukan tindakan sebagai berikut; perlunya sikap guru dalam
menggunakan strategi PAKEM, mempraktikan peer teaching pada MGMP,
menunjukan semangat yang tinggi dengan mengikuti kegiatan MGMP. Sedangkan
hasil pembahasan pada penelitian didapatkan bahwa pada setiap siklus yang
memiliki tingkat yang sangat tinggi adalah kehadiran dari guru dalam MGMP,
respon siswa dalam KBM, kegiatan Peer Teaching, sikap guru dalam ikut serta
MGMP, penyusunan RPP, serta pelaksanaan KBM, respon guru dalam proses
pembelajaran pada setia siklus (I, II dan III) menggambarkan peningkatan yang
sangat signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peer teaching
dalam kegaitan MGMP dengan menggunakan sistem SEL mampu meningkatkan
kompetensi dan profesionalitas guru dalam proses KBM yang bebasis PAKEM.
Kata Kunci : MGMP Sistem SEL, Peer Teaching, RPP, PAKEM, Kompetensi Guru

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-11-06