Perkembangan Teknologi Komunikasi dalam Meningkatkan Perekonomian di Indonesia (Studi pada Penggunaan E-Commerce di Akun Media Sosial)

  • Chontina Siahaan Universitas Kristen Indonesia, Indonesia
  • Pricelia Ruth Lidwina Universitas Kristen Indonesia, Indonesia
Keywords: e-commerce; teknologi komunikasi; ekonomi

Abstract

Pemerintah dan masyarakat tentunya harus bekerja sama dalam mewujudkan pasar digital yang dapat memengaruhi pertumbuhan ekonomi. Pasar digital yang dimaksud dalam hal ini ialah penggunaan e-commerce yang tentunya dapat berpotensi membantu Usaha Mikro Kecil Menengah memasuki pasar global. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu cara yang dapat mempercepat peningkatan perekonomian di Indonesia ialah dengan menggunakan e-commerce. Masyarakat dengan mudah berbelanja secara online melalui penggunaan akun media sosial yang dimiliki seperti facebook, instagram, whatsapp dan lain-lain. Pola komunikasi yang terjadi di mana setiap pengguna e-commerce menyampaikan pesan secara online baik dengan memberikan komentar terhadap suatu produk dan juga melakukan proses pembayaran produk secara online. Pada dasarnya bahwa untuk dapat mempertahankan eksistensi e-commerce diperlukan partisipasi seluruh elemen masyarakat tanpa terkecuali.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-04