PENGARUH KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KANTOR KUWU DESA TEGALSARI KECAMATAN PLERED KABUPATEN CIREBON

  • Ipik Permana
  • Tosa Median Jaya

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman bahwa kepuasan masyarakat yang
mempengaruhinya adalah pelayanan administrasi. Maka penulis ingin mengetahui
pengaruh pelayanan administrasi terhadap kepuasan masyarakat di kantor kuwu
desa Tegalsari Kecamatan Plered. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini
adalah pelayanan administrasi tangibles (bukti langsung), reliability (keandalan),
responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), emphaty (empati)
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat di kantor kuwu Desa
Tegalsari Kecamatan Plered. Penelitian ini menggunakan desain penelitian
deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif atau hubungan. Teknik
pengumpulan data melalui angket atau kuesioner, dan observasi. Jumlah sampel
penelitian 43 orang Desa Tegalsari yang mendapatkan pelayanan di kantor kuwu
Desa Tegalsari Kecamatan Plered dengan menggunakan rumus slovin dan teknik
pengambilan sampel secara proposional. Dari hasil analisis skor variabel bebas
(pelayanan administrasi) terhadap variabel terikat (kepuasan masyarakat)
diperoleh nilai rata-rata dengan kategori sedang, dengan hasil uji statistik
menunjukan bahwa terdapat pengaruh pelayanan administrasi terhadap kepuasan
masyarakat sebesar 49,65% yang terdiri atas pengaruh tangibles (bukti langsung)
sebesar 10,32%, pengaruh reliability (keandalan) sebesar 5,89%, pengaruh
responsiveness (daya tanggap) sebesar 9,39%, pengaruh assurance (jaminan)
sebesar 10,66%, pengaruh emphaty (empati) sebesar 13,39%. Sedangkan pengaruh
variabel lain sebesar 50,35%. Semua pengaruh bersifat positif artinya semakin
baik pelayanan administrasi secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama, maka
akan semakin meningkatkan kepuasan masyarakat.
Kata Kunci : Pelayanan Administrasi, Kepuasan Masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-01