Penerapan Metode Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode diskusi kelompok untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan rancangan siklustis. Subyek penelitian ini adalah semua siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 2 Bangli yang berjumlah 30 orang dengan rincian laki-laki 14 orang dan perempuan 16 orang pada semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Obyek penelitian yang disasar adalah hasil belajar biologi siswa. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan rerata hasil belajar biologi dari prasiklus ke siklus I sebesar 7,34 poin, prasiklus ke siklus II sebesar 12,34 poin dan siklus I ke siklus II sebesar 5 poin. Terjadi pula peningkatan ketuntasan belajar, pada prasiklus ketuntasan 53,33%, siklus I 63,33% dan pada siklus II menjadi 90%.Berpijak atas hasil analisis data ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa.
Downloads
Copyright (c) 2021 I Wayan Seriada
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.