Penerapan Metode Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa

  • I Wayan Seriada SMA Negeri 2 Bangli Bali, Indonesia
Keywords: metode diskusi kelompok, hasil belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan  metode diskusi kelompok untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan rancangan siklustis. Subyek penelitian ini adalah semua siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 2 Bangli yang berjumlah 30 orang dengan rincian laki-laki 14 orang dan perempuan 16 orang pada semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Obyek penelitian yang disasar adalah hasil belajar biologi siswa. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan rerata hasil belajar biologi dari prasiklus ke siklus I sebesar 7,34 poin, prasiklus ke siklus II sebesar 12,34 poin dan siklus I ke siklus II sebesar 5 poin. Terjadi pula peningkatan ketuntasan belajar, pada prasiklus ketuntasan 53,33%, siklus I 63,33% dan pada siklus II menjadi 90%.Berpijak atas hasil analisis data ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan  metode diskusi kelompok dapat  meningkatkan hasil belajar biologi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-14