Penerapan Kemandirian Mahasiswa Melalui Metode Pembelajaran Flipped Classroom pada Mata Kuliah Interaksi Manusia dan Komputer

  • Metta Mariam STKIP Invada, Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
  • Indra Maulana STKIP Invada, Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
  • Astri Dwi Floranti STKIP Invada, Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
Keywords: classroom, mahasiswa, teknologi informasi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian One Shot Case Study yaitu memberi perlakuan tertentu hanya pada satu kelas tanpa adanya kelas kontrol dan tanpa diadakan suatu tes awal. Penelitian ini dilakukan pada 36 mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer STKIP Invada. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode angket, dan metode tes. Sedangkan instrumen yang digunakan oleh peneliti adalah lembar angket respon mahasiswa dan lembar angket kemandirian belajar siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa data hasil penelitian penerapan model pembelajaran flipped classroom di STKIP Invada Prodi PTIK Semester 3 dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: respon siswa terhadap pembelajaran menunjukkan kriteria positif dengan perolehan nilai rata-rata angket sebesar 99,02%. Kemandirian belajar mahasiswa setelah diterapkan model pembelajaran flipped classroom mendapat nilai rata-rata 96,47% pada yang berarti kemandirian belajar mahasiswa berada pada kategori sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-14