Pengaruh Insentif Pajak, Sosialisasi Pajak dan Self Assesment System terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Saat Pandemi Covid-19
Abstract
Adanya isu mengenai Covid 19 menjadikan berbagai sektor mengalami perubahan. Salah satunya berkenaan dengan ekonomi dengan perpajakan sebagai bagiannya. Peneltian ini bertujuan untuk menguji pengaruh insentif pajak, sosialisasi pajak dan self assesment system terhadap kepatuhan Wajib Pajak UMKM masa pandemi Covid-19 secara parsial dan simultan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuesioner melalui media online (google form). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah UMKM yang berada di wilayah Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Kediri. Sampel yang diambil dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling sebanyak 100 responden dari populasi dengan harus memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik, uji parsial (uji t), uji simultan (uji f) dan koefisien determinasi (R2) dengan aplikasi SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel insentif pajak, sosialisasi pajak dan self assesment system masing-masing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa semua variabel bebas tersebut secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap variabel terikat.
Downloads
Copyright (c) 2021 Muhamad Birul Walidain
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.