Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Kepabeanan
Abstract
Pelayanan prima kepada masyarakat merupakan hal yang senantiasa diperhatikan oleh pemerintah untuk senantiasa ditingkatkan. Terdapat fenomena dilapangan bahwa perubahan layanan dari manual ke otomasi melalui sistem IT tidak serta merta meningkatkan kepuasan pengguna layanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur dan menganalisis pengaruh kualitas sistem informasi, kualitas informasi dan kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna layanan kepabeanan baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner berskala likert kepada pengguna layanan kepabeanan (divisi ekspor dan impor) pada masing-masing perusahaan penerima fasilitas kepabeanan khususnya pada penerima fasilitas Kawasan Berikat. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 103 responden di wilayah Kabupaten Karawang, Subang dan Purwakarta. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode regresi linier berganda menggunakan SPSS 26 (Statistical Package for Social Service). Hasil penelitian diperoleh bukti bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas sistem informasi, kualitas informasi dan kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna layanan kepabeanan baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian menunjukan bahwa kualitas layanan memberikan pengaruh paling besar terhadap kepuasan pengguna layanan dengan indikator adanya jaminan (assurance) kepastian mengenai keamanan dan gangguan dari pihak lain terkait dengan layanan yang diberikan
Downloads
Copyright (c) 2024 Rahmat Firdaus, Dina Sartika, Nurhasanah Nurhasanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.