p, Penerapan Pengaruh Penerapan Macromedia Flash terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII H SMP Negeri 1 Sumber Kab. Cirebon

  • Wiryanto -
Keywords: Hasil Belajar, Macromedia Flash, Pembelajaran PAI

Abstract

Penelitian ini bertolak dari sebuah pemikiran yang menyatakan bahwa media belajar merupakan salah satu faktor penting untuk mencapai tujuan dalam  pembelajaran. Media belajar dapat mempermudah menyampaikan pesan yang terkandung didalamnya. Macromedia flash merupakan salah satu media yang dapat dijadikan sebagai media belajar dengan menggabungkan berbagai jenis media seperti audio, visual, maupun audio visual, atau sering disebut juga dengan multimedia.

Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitianya menggunakan eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII  SMP Negeri 1 Sumber tahun ajaran 2013/2014 dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yakni sampel dengan subjek langsung dalam hal ini adalah kelas VIII H yang berjumlah 28 responden.

Analisis terhadap hasil belajar siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Sumber pada mata pelajaran PAI yaitu materi Tajwid dimana  Mad  sebelum menggunakan  macromedia flash tergolong rendah, dengan hasil rata-rata 76,42 yakni masih dibawah nilai KKM yaitu 80. Peningkatan hasil belajar terjadi setelah menggunakan macromedia flash yaitu dengan rata-rata 85,89 artinya diatas nilai KKM. Berdasarkan perhitungan, hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan macromedia flash didapatkan t hitung sebesar 6,482. Pada taraf signifikasi 0,05 dan 0,01 dengan derajat kebebasan 27 didapatkan nilai t tabel 1,703 dan 2,473. Dengan membandingkan nilai t tersebut maka t hitung lebih besar dari pada t tabel artinya hipotesis kerja diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa kelas VIII H di SMP Negeri 1 Sumber sesudah menggunakan macromedia flash.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-10-18