Analisis Struktur Jaringan Komunikasi Boikot Pizza Hut di Twitter Menggunakan Pendekatan Social Network Analysis (SNA)
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode Social Network Analysis (SNA) untuk menganalisis struktur jaringan komunikasi dalam aksi boikot Pizza Hut di Twitter. Data dikumpulkan dari 1 September hingga 30 November 2023, dengan temuan yang menunjukkan bahwa Twitter berfungsi sebagai platform utama untuk penyebaran informasi dan pengorganisasian aksi boikot tersebut. SNA digunakan untuk mengidentifikasi struktur sosial dan posisi aktor utama dalam penyebaran informasi di media sosial ini. Hasil analisis menunjukkan adanya modularitas yang tinggi dalam jaringan komunikasi, yang ditandai dengan terbentuknya banyak kelompok atau cluster. Sentralitas aktor dalam jaringan juga terdistribusi dengan merata. Penyebaran word cloud terkait Boikot Pizza Hut tampak dimobilisasi oleh beberapa akun yang menjadi pusat retweet. Studi ini memberikan wawasan lebih dalam tentang dinamika jaringan komunikasi di media sosial. Namun, penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan, seperti partisipasi dan aktivitas pengguna yang terbatas, serta jumlah data yang bisa diambil. Penelitian ini juga mengukur nilai modularity untuk mengidentifikasi kelompok-kelompok yang terbentuk dalam jaringan. Penelitian lanjutan disarankan untuk lebih mendalami konten tweet dan interaksi antar akun guna memahami dinamika jaringan secara lebih mendalam, serta menganalisis sentimen pengguna terkait topik ini untuk mengembangkan strategi komunikasi yang lebih efektif di media sosial.
Downloads
Copyright (c) 2024 Adienda Rheswary, Munadhil Abdul Muqsit, Radita Gora Tayibnapis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.