Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning Berbasis Multimedia Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

  • Syarif Hidayat Universitas Terbuka (UT) Jakarta, Indonesia
  • Suroyo Suroyo Universitas Terbuka (UT) Jakarta, Indonesia
  • AA. Ketut Budiastra Universitas Terbuka (UT) Jakarta, Indonesia
Keywords: pendekatan contextual teaching and learning berbasis multimedia, ekspositori, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar IPA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning berbasis multimedia terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa Sekolah Dasar kelas IV. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian quasi eksperimen dengan rancangan desain faktorial 2x2 atau treatment by level. Penelitian ini dilakukan di dua Sekolah Dasar, dengan dibagi menjadi dua kelas. Kelas pertama adalah kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning berbasis multimedia sementara kelas kedua yang merupakan kelas kontrol diberi perlakukan dengan menggunakan pendekatan ekspositori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa yang menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning berbasis multimedia diperoleh hasil lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan pendekatan pembelajaran ekspositori. 2). Terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah. 3). Terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran CTL berbasis multimedia dan pendekatan pembelajaran Ekspository terhadap hasil belajar IPA siswa ditinjau dari kemampuan berpikir kritis. 4). Terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi yang belajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran CTL berbasis multimedia dengan yang belajar dengan pendekatan pembelajaran Ekspository. 5). Terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah antara siswa yang belajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran CTL berbasis multimedia dengan yang belajar dengan pendekatan pembelajaran Ekspository.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-21