EFEKTIVITAS MODEL KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA TEMA BENDA DI LINGKUNGAN SEKITAR KELAS V SD NEGERI BULUSARI 02

  • Budi Adjar Pranoto
  • Siti Mutoharoh

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi siswa yang masih bersifat pasif, rendahnya kemampuan kognitif dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan model kooperatif two stay two stray terhadap kemampuan kognitif dan motivasi belajar siswa pada tema benda di lingkungan sekitar pada siswa kelas V SD Negeri Bulusari 02 Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan di kelas V A dan V B SDN Bulusari 02 Kecamatan Bulakamba. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas V A SD Negeri Bulusari 02 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V B SD Negeri Bulusari 02 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, tes dan angket. Analisis penelitian dengan menggunakan uji t.Hasil perhitungan dengan menggunakan uji-t, untuk variabel terikat Y1 yaitu kemampuan kognitif diperoleh nilai Asymp. Sig. atau p value sebesar 0,503 yang berarti p value > 0,05 atau 0,503> 0,05. Hasil perhitungan dengan menggunakan uji-T untuk variabel terikat Y2 yaitu motivasi belajar diperoleh nilai Asymp. Sig. atau p value sebesar 0,266 yang berarti p value > 0,05 atau 0,266> 0,05. Atas dasar perhitungan tersebut maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hipotesis yang berbunyi rerata kemampuan kognitif siswa dengan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif two stay two stray lebih tinggi daripada rerata kemampuan kognitif siswa dengan pembelajaran konvensional dan rerata motivasi belajar siswa dengan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif two stay two stray lebih tinggi daripada rerata motivasi belajar siswa dengan pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif two stay two stray diterimaPenelitian ini dikatakan berhasil karena pembelajaran pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatiftwo stay two stray lebih tinggi dari rerata hasil belajar kognitif maupun motivasi belajardengan pembelajaran konvensional.

 

Kata kunciModel Kooperatif Two Stay Two Stray, Hasil Belajar Kognitif, Motivasi Belajar

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-31