Strategi Optimalisasi Dakwah Keagamaan Berbasis Managemen
Abstract
Bagi umat Islam, masjid merupakan institusi penting dalam melakukan pembinaan dan mengembangkan nilai-nilai keagamaan. Selain berfungsi sebagai tempat ibadah (sholat), masjid juga memiliki peran sebagai pusat pendidikan dan kebudayaan Islam. Keberadaannya bisa menjadi medium pemersatu umat, lambang syi’ar dan kebanggaan. Karena itu masjid harus difungsikan secara optimal untuk kepentingan umat Islam dalam mengatur segala sendi kehidupan. Penelitian ini bertujuan bagaimana masjid bisa difungsikan secara optimal melalui berbagai kegiatan keagamaan, dengan menerapkan manajemen yang baik. Masalah yang diangkat dalam penelitian fokus pada dua hal, pertama bagaimana strategi yang dilakukan untuk mengoptimalkan kegiatan keagamaan; kedua, bagaimana keterlibatan masyarakat dalam upaya memakmurkan masjid. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan; pertama, manajemen yang diterapkan dalam uupaya optimalisasi keagamaan berjalan dengan baik; Kedua, respon masyarakat dalam mendukung upaya memakmurkan masjid sangatlah besar, hal ini ditunjukkan dengan partisipasi aktif masyarakat sekitar untuk mendirikan shalat berjamaah di masjid. Ketiga, dalam upaya membangun jaringan donasi, pengurus menggandeng lembaga kemasyarakatan RT RW, sehingga sinergitas kerja sama dapat dibangun dengan baik melalui kerja sama semua pihak.
Downloads
Copyright (c) 2024 Syaifudin Zuhri, Ali Mursyid, Pardianto Pardianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.